JEPARA(SUARABARU.ID) – Para pegiat durian di Jepara akan menggelar wisata durian bersama di Jepara. Pesertanya, kalangan durian travelers Jawa Tengah dan masyarakat umum yang berminat. Kegiatan yang dimaksudkan untuk menggali lebih dalam khazanah durian di Kota Ukir itu akan digelar Minggu, 15 Januari 2023.

“Acaranya kami beri judul Trip Durian Jepara. Dimulai dari pasar durian Ngabul Tahunan Jepara pukul 06.00 – 07.00 WIB dan berakhir dengan diskusi durian bersama tiga orang peneliti di Kafe Rolet, Keling,” kata ketua panitia Isnul Abdi, Rabu 11/01/2023. Selain Isnul Abdi, panitia lain dalam kegiatan ini adalah Wildan, Faiq Abdullah, dan Edi Sulton.

Menurut Isnul Abdi, di pasar durian Ngabul peserta diajak berburu, memilih sendiri buah durian untuk menunjukkan durian terbaik. “Akan dilakukan penilian terhadap durian pilihan peserta,” katanya.

Agenda berikutnya, sarapan, dilanjutkan perjalanan menuju pohon durian purba yang diperkirakan berumur 300-an tahun.

Dari pohon durian purba, peserta diajak istirahat makan siang dan salat di kafe Rolet Cafe. Di kafe ini, diagendakan pula acara berbagi pengalaman tentang perawatan dan pemupukan durian, dilengkapi tanya jawab seputar durian.

Narasumber yang dihadirkan adalah Profesor Muhammad Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara, peneliti durian Profesor Greg Hambali, serta Eko Mulyanto, seorang pemulia durian merah Banyuwangi. Dia juga akan melakukan penelitian di durian purba.

Isnul Abdi menjelaskan, dalam acara ini peserta akan dikenai iuran Rp300 ribu. “Masyarakat yang berminat bisa hubungi saya di nomor 085290022111,” ujar Isnul Abdi.

Akl – Sulton