blank
Ketua Forkommas RI Adhi Siswanto Wisnu Nugroho didampingi jajaran pengurus lainnya, memberikan paket sembako dan nasi kotak kepada korban banjir di RW 02 Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Sabtu (7/1/2023). Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Rasa prihatin dan ingin ikut meringankan beban korban banjir di sekitar Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Forum Komunikasi Ormas dan LSM (Forkommas) RI melakukan bakti sosial Berbagi Peduli Galang Donasi di RW 02 Kelurahan Sendangguwo, Sabtu (7/1/2023).

Menurut Ketua Forkommas RI Adhi Siswanto Wisnu Nugroho, bantuan paket sembako tersebut diberikan ke RW 02 Kelurahan Sendangguwo, sebab di tempat itu ada beberapa RT yang sangat parah terkena Luapan Air Sungai Banjir Kanal Timur.

BACA JUGA : TNI dan Warga Sigap Evakuasi Korban Tanah Longsor di Pudakpayung Semarang

Tanggul Kali Babon Semarang Jebol Puluhan Rumah Perum Dinar Indah Meteseh Terendam Air Setinggi 3 Meter

Banjir Akibat Tanggul Jebol di Perum Dinar Indah Meteseh Semarang 1 Orang Meninggal

“Daerah yang terkena parah adalah di RT 10,11,17 RW 02 Kelurahan Sendangguwo dan mengalami kerugian material yang cukup banyak. Sebab barang-barang elektronik, furniture serta barang-barang lain pada rusak dan sudah tidak layak untuk dipakai. Rumah-rumah jadi terlihat kumuh dan 1 ruas jalan ambles (alami penurunan tanah),” paparnya didampingi jajaran Pengurus Forkommas RI.

Sedang untuk paket sembako yang diberikan, lanjut Adhi, bekerja sama dengan persekutuan do’a Samuel yang diberikan itu berupa beras, minyak goreng, telor, vitamin-vitamin dan sejumlah Pampers serta ratusan nasi kotak siap makan.

“Tidak hanya paket sembako yang kami bagikan, tapi juga makanan cepat saji (nasi kotak), agar bisa langsung dikonsumsi oleh para pengungsi,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Saat Kota Semarang Dikepung Banjir Babinsa Tlogosari Kulon Bantu Ibu Melahirkan

Ketinggian Banjir di Genuk Semarang Masih 80 Cm Babinsa Koramil 06 Evakuasi Lansia Sakit

Kodim 0733/KS Upayakan Evakuasi Warga dan Dirikan Dapur Umum di Empat Kecamatan

Dengan upaya sosial yang dijalankan tersebut, Forkommas RI berupaya untuk melakukan penggalangan donasi di internal organisasi maupun di luar organisasi, dengan mengetuk hati para pengusaha maupun para tokoh-tokoh di Kota Semarang yang memiliki rejeki yang berlebih bisa berpartisipasi memberikan bantuannya kepada korban banjir di Kota Semarang.

“Kami di sini tidak hanya memberikan bantuan yang bersifat berupa makanan, obat-obatan mauoun pakaian lantas pakai. Namun juga memberikan bantuan dalam sifat lain, seperti menjalin koordinasi dengan beberapa dinas terkait, seperti DPU (Dinas Pekerjaan Umum) untuk membantu penyedotan lumpur atupun lainnya. Harapan kami, kegiatan ini dapat menggerakkan yang lain, untuk bergerak bersama mengatasi bencana di Kota Semarang ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, bantuan paket sembako dan nasi kotak tersebut, diterima langsung oleh M Faqih Ketua RW 02 didampingi Jumadi Ketua RT 10 serta disaksikan oleh Agus Wiharto Ketua LPMK Kelurahan Sendangguwo dan Herlambang Prabowo Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang.

 

Absa