blank
Babinsa Kodim 0733/KS melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Minggu (1/1/2023). Foto : Dok Kodim 0733/KS

SEMARANG (SUARABARU.ID) Masih adanya genangan air banjir yang cukup tinggi di empat kecamatan di Kota Semarang, Kodim 0733/Kota Semarang dengan sigap melakukan upaya evakuasi warga dan bersama Forkopimda serta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan masyarakat mendirikan dapur umum, Minggu (1/1/2023).

Menurut Pasi Intel Kodim 0733/KS Mayor Arief Rahman HW melalui keterangan tertulisnya, hal itu disebabkan karena adanya hujan mengguyur Kota Semarang secara terus menerus selama 2 hari dan adanya gelombang laut tinggi.

“Upaya lain yang dilakukan Kodim 0733/KS adalah melaksanakan pengawasan operasional Pompa air di setiap titik serta mengajukan peminjman alat dapur, tenda dan juru masak ke Bekangdam. Selain juga melakukan kerja bakti perbaikan tanggul/talut dan membuat penahan dengan karung dan bambu bersama instansi terkait dan masyarakat,” jelasnya.

Hingga Minggu sore kisaran pukul 18.00 WIB, lanjut Mayor Arief, genangan air masih cukup tinggi di empat kecamatan, yaitu di Kecamatan Semarang Barat ada 1 titik (kelurahan), Kecamatan Pedurungan (2 titik), Kecamatan Genuk (6 titik) dan Kecamatan Gayamsari (4 titik).

BACA JUGA : Kado Akhir Tahun 2022 Kota Semarang Dikepung Banjir Hingga Setinggi DadaTitik

Titik-titik Banjir yang Mengepung Kota Semarang Bertambah Hampir 100 Titik Banjir

“Genangan air yang paling tinggi ada di Kelurahan Tawangsari, (Kecamatan Semarang Barat), Kelurahan Trimulyo (Genuk), Kelurahan Tambakrejo (Gayamsari) dan Kelurahan Muktiharjo Kidul (Pedurungan). Ketinggian air hingga mencapai kurang lebih 70 cm,” urainya.

Secara lengkap, disampaikan oleh Mayor Arief, wilayah yang masih terggenang banjir adalah

BACA JUGA :  Saat Kota Semarang Dikepung Banjir Babinsa Tlogosari Kulon Bantu Ibu Melahirkan

1 Wilayah Kecamatan Semarang Barat genangan air berada di Pantai Marina, Kelurahan Tawangsari dengan ketinggian air ± 30-70 Cm.

blank
Kondisi banjir di Pantai Marina Kelurahan Tawangsari Kecamatan Semarang Barat yang masih tergenang cukup tinggi, Minggu (1/1/2023). Foto : Dok Absa

2 Wilayah Kecamatan Genuk ada di
– Kelurahan Trimulyo Jl. Raya Kaligawe Km 7, ketinggian air ± 60-70 Cm, arus lalulintas masih lumpuh kemudian di pemukiman warga ketinggian genangan air ± 50 cm,
– Kelurahan Terboyo Kulon di Jl Kaligawe Raya di seputaran Unissula dan RS Sultan Agung terdapat ketinggian genangan air ± 30 cm,
– Kelurahan Terboyo Wetan di pemukiman Kawasan Terboyo Megah ketinggian air ± 30 cm,
– Kelurahan Muktharjo Lor di Jl. Sendang Indah Barat RT 05/04, terdapat genangan air dg ketinggian ±50-60 cm,
– Kelurahan Genuksari di Jl. Wolter Monginsidi tepatnya di Perempatan Ratan Cilik sampai dg Pertigaan Jl. Dong Biru tergenang air dgn ketinggian ± 40 cm, Jalan masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda 4.
– Kelurahan Gebangsari di Jl Padi Raya ketinggian air ±30 – 40 Cm.

3 Kondisidan situasi Wilayah Kec. Pedurungan

– Kelurahan Tlogosari kulon ketinggian air ±40 Cm
– Kelurahan Muktiharjo Kidul ketinggian air ± 40-70 Cm

4 Kondisi dan Situasi di Kecamatan Gayamsari

– Jl. Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo ketinggian air ±50 -70 Cm untuk yang di jalan raya
– Jl. Sawah Besar Kelurahan Kaligawe ketinggian air ±50 Cm, dipengaruhi air laut pasang.
– Jl. Tambak Dalam Kelurahan Sawah Besar ketinggian air ±50 Cm
– Jl Karang Ingas Kelurahan Siwalan genangan air ketinggian ±30 Cm

Absa