blank
MELANTIK - Ketua KPU Kota Tegal melantik 20 anggota PPK. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, melantik 20 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Bahari Inn Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kota Tegal, Rabu (4/1/2023).

Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni SH mengatakan, 20 anggota PPK tersebut terdiri dari 15 pria dan 5 wanita. Mereka akan ditempatkan di empat kecamatan yang ada di Kota Tegal. Menurut Elvy, proses perekrutan PPK dimulai pada 20 November sampai dengan 11 Desember 2022, dengan jumlah pendaftar sebanyak 259 orang melalui berbagai tahapan mulai seleksi administrasi, tes ujian melalui Computer Assisted Test (CAT) hingga tes wawancara hingga 20 orang terpilih. “Karena Kota Tegal 4 kecamatan, jadi masing masing kecamatan ada 5 personeil,” kata Elvy.

Elvy berharap PPK yang terpilih ini nantinya bisa menjalankan amanah dengan baik, sesuai dengan regulasi dan perundang undangan yang ada. Menurut Elvy, dari 20 orang itu sebagian besar sudah pernah menjadi penyelenggara pemilu, baik itu di tingkat kelurahan maupun di tingkat kecamatan.

Proses perekrutan PPK dimulai pada 20 November sampai dengan 11 Desember 2022, dengan berbagai tahapannya. Mulai seleksi administrasi, tes ujian melalui Computer Assisted Test (CAT) hingga tes wawancara.

“Jadi sesungguhnya mereka itu tidak asing dengan kepemiluan ini. Harapannya mereka bisa menjalankan ini dengan baik, tetap dengan profesional, kemudian berintegritas, dan menguasai teknik kepemiluan,” ujarnya.

Mereka tidak ada lagi waktu untuk belajar. Jadi ketika sudah dilantik, sudah on the track untuk siap melaksanakan tahapan pemilu yang memang pada hari ini sudah sampai ke tahapan untuk verifikasi calon perseorangan. “Dari pendaftar sejumlah 462, yang 429 memenuhi syarat, sisanya 33 tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Tentunya kami KPU akan mengikutkan teman-teman PPK dan sekaligus juga sedang berlangsung rekrutmen untuk PPS. “Insya Allah, antara tanggal 6 sampai tanggal 11 kami akan mengadakan tes CAT. Hanya belum bisa menentukan waktunya selama dua hari bertempat di SMKN 2, di Jalan Wisanggeni Kota Tegal,” ujarnya.

Elvy menegaskan, PPK kedepan punya tantangan besar karena Pemilu di 2024 mendatang dilaksanakan secara simultan. Tahapannya juga beririsan antara Pemilu 2024 dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. “Jadi ada tahapan yang beririsan. Tentunya itu memerlukan kesiapan baik fisik maupun mental dari teman-teman terutama di PPK,” pungkasnya.

Hadir Pj Sekda Kota Tegal Dr dr Sri Primawati Indraswari Sp.KK MM MH, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota KPU Provinsi Jawa Tengah.

Sutrisno