blank
Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri tengah menandatanganbi berita acara pelantikan "(Foto: Humas KPU)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Sebanyak 80 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih KPU Kabupaten Jepara dilantik, Rabu (4/1/2023) di Ono Joglo Bandengan. Mereka segera bertugas untuk membantu KPU Kabupaten Jepara dalam menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilu 2024 di tingkat kecamatan. Dari 80 anggota PPK yang dilantik, mayoritas merupakan wajah-wajah baru.

KPU mengundang Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Forkopimda, Bakesbangpol, Tata Pemerintahan Setda, Bawaslu, serta seluruh camat di 16 kecamatan. Khusus PPK Karimunjawa, karena kondisi cuaca yang belum memungkinkan untuk pelayaran, mengikuti pelantikan secara daring, Camat dan Muspika Karimunjawa juga diundang dalam pelantikan daring tersebut.

blank
Salah satu anggota PPK yang dilantik ( Foto: KPU Jepara|)

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Jepara Muhammadun, Rabu pagi sebelum pelantikan mengatakan dari 80 calon PPK terpilih yang dilantik, sebanyak 25 orang adalah anggota PPK saat Pemilu 2019. Selebihnya adalah wajah-wajah baru. “Sebagian besar pernah punya pengalaman penyelenggaraan pemilu di tingkat desa/kelurahan dan KPPS. Sebagian lagi juga pernah menjadi relawan demokrasi, juga tokoh-tokoh muda di kecamatan,” kata Muhammadun.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri bersama empat anggota KPU, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun melantik calon anggota PPK terpilih.

blank
Sebanyak 80 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih KPU Kabupaten Jepara dilantik (Foto: Humas KPU Jepara )|

Muhammadun menjelaskan, setelah pelantikan dilanjutkan bimbingan teknis untuk seluruh PPK.

Materi bimtek adalah terkait Tata Kerja PPK (disampaikan Subchan Zuhri), Kelembagaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu (Muntoko), Hubungan Kerja dan Peningkatan Kapasitas (Muhammadun), Kode Etik dan Kinerja Badan Adhoc (Ris Andy Kusuma), serta tahapan terdekat terkait teknis penyelenggaraan Pemilu 2024 (Siti Nurwakhidatun).

Setelah pelantikan, PPK akan langsung bekerja untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 di kecamatan.

Hadepe – kpujepara