blank
Ganjar saat meresmikan Pusat Data Center di Semarang, Selasa (3/1/2023). Pusat Data Center ini sudah masuk daftar di BSSN. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meresmikan Pusat Data Center di Semarang, Selasa (3/1/2023). Pusat Data Center yang ada di Jateng ini, merupakan yang kali pertama ada di Indonesia, dan masuk daftar di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

”Ini ikhtiar kita untuk membangun digitalisasi. Tentu tidak cukup dengan statement tapi perlu menyiapkan infrastruktur. Data center ini kita perlukan, untuk menghimpun seluruh data yang ada. Storage (tempat penyimpanan-red)-nya ada di sini,” kata Ganjar, usai acara peresmian.

Pusat Data Center ini, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh sektor, sub sektor, OPD kabupaten/kota. ”Banyak inovasi-inovasi yang telah dilakukan, dan harapan kita datanya bisa masuk ke sini,” lanjutnya.

BACA JUGA: Tahun Baru, 62 Anggota Polres Blora Naik Pangkat

Ganjar mencontohkan, sektor pertanian misalnya, Dinas terkait dapat mengambil seluruh data. Mulai dari cuaca, area, jenis tanaman, wilayah, waktu tanam dan panen. Sehingga dengan demikian, bisa disiapkan dengan artificial intelligence dan storage-nya yang ada di sini.

”Kalau seluruh OPD bisa memanfaatkan ini, tentu seluruh keputusan itu jauh lebih presisi dibandingkan pakai ilmu kira-kira. Data center ini kita harapkan jadi proses digitalisasi, yang jauh lebih cepat,” jelasnya.

Pusat Data Center, ungkap Gubernur berambut putih itu, sebagai upaya untuk mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik.

BACA JUGA: Kalapas Beri Semangat dan Motivasi Pegawai, Tingkatkan Kewaspadaan Deteksi Dini

”Kita juga diminta untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan sekarang mulai kita rapikan. Kalau dulu storage-nya kurang, tempatnya terpisah, sekarang dipusatkan di sini, dan kita didampingi BSSN,” imbuhnya.

Ganjar berharap, upaya yang digawangi Dinas Kominfo Jateng ini, dapat menjadi lompatan menuju sistem yang lebih canggih dan modern.

”Kita harapkan ini bisa dipakai untuk melakukan lompatan. Sudah dibuatkan, diberikan anggaran, maka harus ada value dari sini. Sehingga output-nya gedung, outcome-nya adalah keputusan untuk masyarakat dan lebih cepat,” tuturnya.

BACA JUGA: Mutasi Besar-Besaran di Perhutani Mantingan Tandai Awal 2023

Sementara itu, Kepala BSSN, Hinsa Siburian, mengapresiasi langkah Gubernur Ganjar dalam mendirikan Pusat Data Center ini.

”Kita tentunya berterimakasih kepada Gubernur dan Pemprov Jateng, Kita sekarang sedang membangun Pusat Data Nasional, nantinya akan kita asistensi, supaya bisa terhubung dengan Pusat Data Nasional,” ungkapnya.

Diterangkannya, Pusat Data Center Jateng, adalah yang pertama dan resmi diluncurkan oleh BSSN. Dia pun mengapresiasi apa yang dilakukan Pemprov Jateng, yang menurutnya luar biasa.

”Kalau kita masih menunggu Pusat Data Nasional pada 2024 nanti. Sementara ini yang kita luncurkan secara resmi. Dan baru ada di Jateng, nanti kita lihat di tempat lain,” tandas dia.

Riyan