blank
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama Ricky Kambuaya, usai sesi konferensi pers jelang laga lawan Filipina. Foto: pssi

MANILA (SUARABARU.ID)– Gelandang serang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, menegaskan, kesiapan dirinya dan Skuad Garuda lainnya, menghadapi Filipina di laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022, yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023).

Pemain asal klub Persib (Bandung) itu menyebut, pesan dari pelatih Shin Tae-yong soal rumput lapangan sintetis, dirinya sudah mengantisipasinya. ”Kami pastikan, saya dan teman-teman siap 100 persen untuk laga lawan Filipina,” kata Ricky, dalam keterangannya, sebelum laga.

Terkait lapangan sintetis, pemain bernomor punggung 15 itu juga menyatakan, bersama rekan setimnya telah melakukan uji coba lapangan di Rizal Memorial Stadium. Dirinya pun optimistis, hasil baik bakal menghampiri Indonesia pada laga penentuan ini.

BACA JUGA: PMI Kebumen Bantu Korban Gempa Cianjur Rp 60 juta dan 40 Shelter

”Poin dalam laga ini penting, jumlah gol juga penting. Yang pasti, kami siap dan berusaha meraih hasil yang baik,” tuturnya.

Ricky juga menilai, dukungan dari PSSI selama menjalani turnamen Piala AFF sangat bagus. ”Dukungannya sangat luar biasa sekali dari Ketum PSSI. Kami ingin berterimakasih banyak dengan menjadi juara,” tukasnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong, menyampaikan, timnya hanya fokus untuk memenangkan pertandingan. Timnya datang ke Filipina untuk menyelesaikan laga terakhir babak penyisihan grup.

BACA JUGA: Dampak Banjir, Empat Tahanan Polsek Genuk Dipindah

”Saya sama sekali tidak peduli, akan bertemu Vietnam, Singapura atau Malaysia dari Grup B. Jadi fokus lawan Filipina terlebih dahulu. Karena menurut saya, semua pertandingan di Piala AFF ini seperti final. Kami tidak mau menghindari tim yang akan jadi lawan Indonesia,” tambahnya.

Meski tanpa Jordi Amat yang terkena akumulasi dua kartu kuning, Shin Tae-yong tetap optimistis akan mendapatkan hasil maksimal.

Di klasemen Grup A, Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua dengan poin tujuh. Jumlah poin itu sama dengan yang dimiliki Thailand. Namun Tim Gajah Perang untuk sementara ini berhak memuncaki klasemen Grup A, karena unggul selisih gol dari Indonesia. Thailand punya selisih gol +9, sedangkan Indonesia +8.

BACA JUGA: Kinerja 2022 Jadi Modal Bagus Hadapi Pasar Modal 2023

Thailand akan menjalani laga hidup dan mati melawan Kamboja. Pasukan Angkor Wat yang menempati posisi ketiga dengan enam poin ini, masih punya kans lolos, seandainya bisa mengalahkan Thailand.

Jika Kamboja menang atas Thailand, lalu Indonesia bisa mengalahkan Filipina, maka Tim Merah-Putih akan keluar sebagai juara Grup A. Tapi jika Thailand dan Indonesia yang menang, penentuan juara grup akan dilihat dari jumlah gol yang didapatkan kedua tim saat menghadapi Kamboja dan Filipina.

Riyan