Hal itu dilakukan Nabi SAW ketika di suatu daerah terjadi banjir dan banyak hewan ternak pada hanyut.

Nabi kemudian berdoa agar hujan diturunkan di tempat lain yang tandus, di gurun-gurun, dsb. Jadi, sepanjang ada kebaikan didalamnya, diperbolehkan.

Pawang Komersial
Pada komunitas pawang komersial, sering terjadi persaingan, bahkan saling mengganggu, terutama pawang yang sering digunakan untuk event perusahaan besar.

Jasa pawang pun dimanfaatkan ketika ada proyek yang ketika turun hujan hingga event itu terganggu.

Pernah terjadi di suatu daerah saat sedang mengerjakan proyek pabrik, untuk mengejar target, pihak perusahaan memanfaatkan tujuh pawang hujan terbaik dari berbagai daerah, dan mereka bekerja bergiliran.

Hujan memang tidak turun pada lokasi itu, walau wilayah sekitar turun hujan. Dan itu membuat warga marah kemudian melawan dengan cara tradisi, yaitu memasukkan alu (alat penumbuk padi) ke dalam sumur, dan ada yang membalik genteng.

Persaingan antarpawang terkadang juga terjadi. Saat perusahaan A mengadakan konser musik, pawang perusahaan B mencoba menggagalkannya.

Untuk mendeteksi aktivitasnya dapat dilihat dari mendung berjalan ke dua arah. Tentang ngerjain pawang hujan, terkadang juga perlukan jika aktivitasnya mulai melanggar hak-hak warga yang lain.

Masruri, penulis buku, praktisi dan konsultan metafisika tinggal di Sirahan, Cluwak, Pati