Personel Polsek Paranggupito Polres Wonogiri (kanan) dan relawan SAR Laut Selatan (kiri), menyampaikan imbauan tentang perlunya bersikap waspada dan berhati-hati kepada para pelancong di Pantai Nampu.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menyikapi cuaca ekstrem menyongsong pergantian tahun, jajaran Polsek Paranggupito Polres Wonogiri melakukan serangkaian patroli di kawasan pantai selatan yang menjadi objek wisata bahari.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Paranggupito Iptu Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, pantai selatan yang dipatroli meliputi Pantai Nampu, Sembukan, Karangpayung dn Pantai Waru. Semua berada dalam satu deret garis pantai di wilayah Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Patroli dilakukan dengan melibatkan relawan Search And Rescue (SAR) Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Bersamaan dengan kegiatan patroli itu, petugas juga menyampaikan imbauan kepada para pelancong agar selalu berhati- hati.

Utamanya ketika bermain air laut, harus selalu mewaspadai untuk mengindari kemunculan gelombang tinggi. Juga mematuhi protokol kesehatan, salah satunya selalu memakai masker dikarenakan pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir.

Kamis sore (29/12), pengunjung objek wisata pantai terdata sebagai berikut: Untuk Pantai Nampu jumlah pengunjung sebanyak 187 orang, jumlah kendaraan roda empat 20 unit, roda dua 32 unit. Di Pantai Sembukan pengunjungnya sebanyak 24 orang, jumlah kedatangan kendaraan roda empat 1 unit dna roda dua 13 unit. Di Pantai Karangpayung dan di Pantai Waru nihil kunjungan.

Saat patroli berlangsung, kondisi cuaca dilaporkan langit mendung dan gelombang laut agak tinggi. Di lokasi yang menjadi sasaran patroli situasinya kondusif.

Kepada pelancong diminta untuk senantiasa waspada manakala selfi di bibir pantai. Jangan sampai terseret ombak laut. Juga jangan bertindak aneh-aneh, karena masyarakat ada yang meyakini pantai selatan di Wonogiri sebagai salah satu gerbang gaib Ratu Kidul.

Bambang Pur