blank

SUARABARU.ID Tim Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAM-DIK) berkunjung ke Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unissula, (19/12). Kunjungan yang berlangsung 19-20 Desember 2022 tersebut dalam rangka konfirmasi dokumen oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Prodi PBSI Unissula.

Dr Kunjana Rahardi menyampaikan visitasi juga untuk menjadi mitra membangun kualitas. “Kami datang bukan untuk menjustifikasi, kami datang bukan untuk menghakimi. Tapi kami datang untuk menjadi mitra bagi UUPS dan khususnya prodi PBSI untuk membangun kualitas. Kalau selama ini sudah dibangun kualitasnya, maka selanjutnya mengembangkan. Sehingga PBSI ini akan menjadi program unggulan,” ungkap tim asesor LAM-Dik tersebut.

Selanjutnya Rektor Unissula berharap tim asesor bisa memberikan rekomendasi bagi UPPS dan prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula. “Tim asesor akan memotret dan memberikan rekomendasi ke depan pasti banyak kelemahan baik di UPPS fakultas maupun di prodi PBSI. Karena nantinya mulai dari rektor, dekan, kaprodi dan dosen akan menjalankan dengan sungguh-sungguh semua rekomendasi dari asesor. Karena dengan begitu kami bisa tumbuh lebih baik lagi,” jelasnya.

Prof Dr Gunarto SH MH juga menyampaikan bahwa visi Unissula dan fakultas ingin memiliki reputasi tingkat nasional dan internasional. “Secara nasional Unissula telah terakreditasi Unggul. Kemarin kita juga baru saja menerima penghargaan dari Kemendikbudristek Dikti dalam bidang penjaminan mutu. Secara internasional Unissula sudah ada 13 prodi yang diakui secara internasional,” lanjutnya.

Pihaknya juga berharap dari kunjungan ini dapat meningkatkan akreditasi prodi PBSI. “Dulu masih pakai regulasi lama dari C kemudian menjadi B dan belum mengajukan akreditasi lagi. Maka dengan adanya Lembaga Akreditasi Mandiri ini moga-moga selanjutnya menjadi Unggul seperti akreditasi universitasnya,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Rektor 1 Unissula Dr Andre Sugiyono, Dr M Abdul Basir MPd, Dr Turahmat MPd, dan Dr Muhammad Afandi MPd. Turut hadir pula para dosen dan pejabat dekanat di lingkungan FKIP.