Sejumlah remaja dan ibu-ibu, antusias mengikuti Pole Dance dan Inside Flow Yoga, yang dipandu pelatih Agnes Indah dan Ika, di Commoro Resto, Semarang, Minggu (18/12/2022). Foto: agnes

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dengan konsep olahraga yang mengombinasi antara gerakan gymnastic dan dance, Pole Dance serta Yoga Inside Flow, kini menjadi kegiatan olah badan yang cukup digemari kaum wanita dan ibu-ibu.

Sebelumnya, Pole Dance yang dahulu masih identik dengan “hal-hal negatif”, saat ini justru menjadi olahraga yang sedang banyak dicari di Indonesia. Kesan erotis Pole Dance perlahan hilang, setelah dikombinasi dengan gymnastic dan dance.

Pole Dance mulai hits pada awal 2019, begitu juga dengan Yoga Inside Flow. Dulu yoga hanya identik dengan gerakan pose-pose melenturkan tubuh, dan olah pernapasan. Sekarang yoga lebih berkembang dengan adanya aliran Inside Flow Yoga.

BACA JUGA: Dinkominfo Blora Bersyukur Raih Penghargaan Menuju Informatif dari Komisi Informasi Jateng

Inside Flow Yoga dilakukan dengan gerakan mobility, dikombinasi koreo yang dilakukan secara kontinyu tanpa berhenti, seperti menari. Kedua olahraga ini, Pole Dance dan Inside Flow Yoga sangat mirip, karena menggunakan kekuatan otot yang dikombinasi dengan teknik-teknik indah ala tarian.

Walaupun di Jakarta dan Bali olahraga ini sudah populer, tetapi di Kota Semarang masih banyak yang belum mengenal Pole Dance dan Inside Flow Yoga.

Dua praktisi olahraga ini, Agnes Indah dan Ika, kemudian berkolaborasi menggelar kegiatan bertajuk ‘Inside Flow Yoga X Pole Dance Intro’, yang diikuti sekitar 35 orang, di Commoro Resto Semarang, Minggu (18/12/2022).

BACA JUGA: Percepat Masa Studi tanpa Mengurangi Kualitas Lulusan

Agnes Indah adalah pelatih Pole Dance pertama di Kota Semarang, sekaligus pemilik Studio Pole Dance pertama di Kota Semarang. Adapun Ika merupakan pelatih Inside Flow Yoga.

Dalam keterangannya, kegiatan ini digelar untuk mengajak masyarakat Semarang hidup sehat dengan berolahraga. Selain itu juga, untuk mendapatkan pengalaman baru dengan mencoba Pole Dance sekaligus Inside Flow Yoga.

Acara dilanjutkan dengan peresmian ‘Semarang Pole Dance Community’, oleh Agnes Indah, selaku Ketua Semarang Pole Dance Community, dan ditutup dengan sesi Pole Dance Photoshoot.

BACA JUGA: Wali Kota Launching Aplikasi Kentongan dan Posko Relawan BPBD Kota Magelang

Agnes berharap, dengan diselenggarakannya even ini, masyarakat Semarang lebih sadar akan pentingnya olahraga untuk kesehatan. Selain itu, agar semakin mengenal Pole Dance dan Inside Flow Yoga, olahraga yang termasuk masih sangat baru di Kota Semarang.

”Komunitas Pole Dance yang dibentuk itu, bisa menjadi wadah berkumpul dan berekspresi untuk orang-orang yang menyukai olahraga ini,” terang Agnes.

Asti, salah satu peserta, mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Dia sejak dulu sudah tertarik dengan Pole Dance, setelah melihat beberapa video para artis. Di acara ini, dirinya baru tahu sudah ada tempat untuk belajar Pole Dance.

”Pertama kali saya mencoba Pole Dance ini, sangat seru walaupun ada beberapa tantangan di triknya. Inside Flow Yoga yang diberikan, juga sangat bermanfaat untuk kelenturan tubuh saya,” ujar Asti.

Riyan