blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – SDN 1 Gidangelo, Kecamatan Welahan, Sabtu (17/12/2022) menggelar Gebyar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara yang digelar di halaman sekolah ini dibuka oleh Kepala Sekolah SDN 1 Gidangelo, Wiwin Patma Dewi, S.Pd.

“Ini merupakan puncak dari kegiatan pembelajaran P5 semester pertama tahun pelajaran 2022—2023. Kegiatan ini merupakan implementasi atas ide dan inovasi yang telah dikembangkan oleh guru dan peserta didik dengan tema kewirausahaan. Harapan kami, siswa tidak hanya mampu memproduksi sendiri, namun berlatih untuk memasarkan olahan dari pihak lain,” kata Wiwin

Gebyar P5 yang diketuai oleh Indah Rusiati S.Pd.SD. dilaksanakan sehari, melibatkan siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Selain hasil karya siswa, olahan makanan, dan minuman, juga digelar pentas seni: membaca puisi, mendongeng, tari kreasi, menyanyi dengan kolaborasi menimang bola takraw, dan rebana.

blank

“Pada kegiatan ini juga kami adakan penyerahan hasil belajar siswa pada semester pertama. Alhamdulillah siswa sangat antusias. Banyak stan makanan dan hasil karya siswa, menampialkan hasil olahan limbah di sekitar menjadi barang yang lebih bermanfaat. Semoga P5 di semester kedua yang kami rencanakan bulan Mei mendatang akan lebih baik untuk mengembangkan minat dan bakat siswa SDN 1 Gidangelo,” ujar Wiwin.

Dia menerangkan,. P5 merupakan kegiatan proyek yang harus dilakukan sekolah terhadap siswanya sebagai implementasi Kurikulum Merdeka. Hal ini bertujuan agar semua kompetensi yang dimiliki setiap siswa dapat tergali secara mendalam.

Harapan ke depan, semua siswa dapat terfasilitasi atas kodrat yang mereka miliki. Pendidik tidak dibenarkan memaksakan kehendak untuk membentuk siswa. Pendidik diwajibkan memfasilitasi dan mencari bakat yang dimiliki siswa sesuai kodratnya.

Dari tujuh tema yang digulirkan Kemendikbudristek, SDN 1 Gidangelo baru memilih tiga tema yang sudah dianalisis dan disesuaikan dengan keberadaan sekolah dan lingkungan. Analisis lingkungan sekolah dan sekitar membuat sekolah SDN 1 Gidangelo memutuskan melaksanakan tiga tema P5 yang sudah disediakan. Tema yang dipilih adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, Kewirausahaan, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada semester ini mengusung tema Kewirausahaan yang dikolaborasikan dengan Gaya Hidup Berkelanjutan. Tema ini diusung dalam rangka menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan bagi peserta didik. Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi dan pengembangan usaha tersebut.

Hadepe – Wp