blank
Ganjar dan Siti Atikoh, menyentuh garis finish secara bersamaan di even 'UGM Ultra 73K Charity Run', yang digelar Minggu (18/12/2022). Foto: hms

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Pagi hari, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sudah berdiri di sisi jalan Titik Nol Kilometer, atau perempatan Kantor Pos Indonesia Yogyakarta. Dia terlihat sedang melakukan pemanasan dengan mengenakan kaos olahraga warna dominan biru, bertulis ‘UGM Ultra 73K Charity Run’.

Ya, hari itu dia sedang memapak Siti Atikoh, istrinya yang sedang mengikuti lari amal bersama ratusan pelari lain, dalam rangka Dies Natalis ke-73 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Siti Atikoh start mulai pukul 01.00 WIB dari KM 36,5. Ganjar yang memapak pun ikut lari sekitar sembilan kilometer, menuju finish di komplek Kampus UGM.

BACA JUGA: Srikandi SG Gelar Bincang Santai Core Values AKHLAK Maksimalkan Potensi Diri Sambut Hari Ibu

Even lari kali ini memang bertujuan untuk mengumpulkan donasi. Donasi kemudian akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi dari kelurga kurang mampu, agar dapat mendukung perkuliaan di UGM.

”Jadi di antara mereka nanti, akan dibantu dengan yang mau menyumbang. Mudah-mudahan banyak donatur yang akan menyumbang,” kata Ganjar di garis finish, Minggu (18/12/2022).

Dijelaskannya, Kagama memang kerap melakukan aksi sosial, yang dikemas dengan even olahraga sehat. Tak hanya untuk membantu mahasiswa tidak mampu, Ganjar menyebut, para alumni UGM ini juga sering menggalang donasi pemulihan bencana alam.

BACA JUGA: Menyongsong Hari Ibu IIKP Mantingan Gelar lomba Rias Wajah dan Santuni Anak Yatim

Sementara itu, Siti Atikoh sendiri merasa senang, bisa membantu mahasiswa yang membutuhkan. Disamping itu, Siti Atikoh juga gembira, lantaran rute lari yang dilaluinya dinilai bagus.

”Rutenya asyik. Kalau saya ikut start yang dari KM 36,5, jadi mulai jam 01.00 WIB. Kondisi Yogya jam 01.00 WIB ramai, jadi asyik. Dan tiap 12,5 berhenti, ada WS (Water Station), dan shalat di pertengahan jalan,” ungkapnya.

Siti Atikoh menyampaikan, kini semakin banyak kepedulian terhadap kawan-kawan mahasiswa, dan pendidikan mereka. Dia pun mengajak anggota Kagama, untuk tak bosan berbagi.

BACA JUGA: Dilaporkan ke Polda Jateng, Nelayan Tubanan Minta Perlindungan Hukum Gubernur

”Harapannya, semakin banyak orang yang tergerak, ikut olahraganya dan ikut berbagi untuk sesama. Karena filosofi kita itu berlari untuk berbagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, Ganjar dan Siti Atikoh kerap terlihat berlari bersama untuk menggalang donasi. Teranyar, keduanya mengikuti Road To Run Against Cancer (RAC), untuk membantu penyintas kanker.

Riyan