blank

Sambal teri Kacang sangat enak sebagai tambahan dalam menu makan.

Sambal teri juga bisa membikin selera makan menjadi naik dan lahap saat menyantapnya.

Sambal teri sendiri bisa dibuat menjadi berbagai macam kreasi.

Berikut resep sambal teri kacang:

• Bahan utama:

 – 100 gram teri nasi

– 100 gram kacang tanah

– 2 lembar daun jeruk

– 2 ruas lengkuas, memarkan

– 1 sdm air asam jawa

– 4 sdm minyak sayur

– gula pasir secukupnya

– garam secukupnya

• Bahan bumbu halus:

– 12 buah cabai merah keriting

– 4 siung bawang merah

– 2 siung bawang putih

• Cara Membuatnya: 

– Sebelum diolah, bilas ikan teri dengan air mengalir hingga bersih. Rendam pula di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit agar rasa asinnya berkurang.

– Setelah itu, rendam pula kacang tanah di wadah berbeda. Gosok perlahan sampai kulit cokelatnya terkelupas sempurna. Jika sudah, saring dan keringkan kacang tanahnya.

– Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak dan panaskan. Goreng ikan teri hingga kering kecokelatan dan renyah.

– Kalau sudah matang, lanjutkan dengan menggoreng kacang tanah. Gunakan api kecil saja supaya gak terlalu gosong dan meninggalkan rasa pahit. Kalau sudah, tiriskan minyak dari ikan teri dan kacang tanah.

– Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting ke dalam food processor. Haluskan seluruh bahan tersebut hingga halus, lalu sisihkan dalam wadah.

– Panaskan kembali minyak di wajan hingga mendidih. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan tambahan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

– Aduk dan tumis sampai harBumbui tumisan dengan gula pasir, garam, dan air asam jawa. Masak hingga sambal benar-benar matang. Koreksi rasanya terlebih dahulu, lalu baru matikan api kompor.

– Masukkan kacang tanah dan ikan teri yang sudah digoreng. Aduk sampai semua bagiannya tercampur sambal hingga merata. Sajikan sambal teri kacang selagi hangat.  Jika ada sisa, simpan di dalam wadah kedap udara, supaya lebih tahan lama.

– Gimana, ternyata mudah banget, kan membuat sambal teri kacang ini? Selain enak dinikmati langsung, kamu bisa menyimpannya untuk stok makan, lho. Selamat mencoba!um.

– Bumbui tumisan dengan gula pasir, garam, dan air asam jawa. Masak hingga sambal benar-benar matang. Koreksi rasanya terlebih dahulu, lalu baru matikan api kompor.

– Masukkan kacang tanah dan ikan teri yang sudah digoreng. Aduk sampai semua bagiannya tercampur sambal hingga merata. Sajikan sambal teri kacang selagi hangat.  Jika ada sisa, simpan di dalam wadah kedap udara, supaya lebih tahan lama.

– Gimana, ternyata mudah banget, kan membuat sambal teri kacang ini? Selain enak dinikmati langsung, kamu bisa menyimpannya untuk stok makan, lho. Selamat mencoba!