blank
Memperingati Hari Ibu tahun 2022, DPW ILDI Kota Semarang menggelar line dance (langkah dansa) di area Car Free Day (CFD) Kota Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam menyambut Hari Ibu 2022 dan mendukung gerakan Kebaya Goes to Unesco, DPW Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Kota Semarang menggelar line dance (langkah dansa) di area Car Free Day (CFD) Kota Semarang, Minggu (18/12/2022).

Kegiatan ini diikuti sekitar 120 ibu-ibu dari berbagai kalangan, seperti Polwan, Kowad, ibu-ibu organisasi, dan masyarakat umum.

Ketua DPW ILDI Kota Semarang, Budhiyono mengatakan, line dances ini untuk mengoperasikan atau mengkoordinasikan motorik ibu-ibu yang biasanya bekerja di rumah. “Dengan line dances kita exiskan mereka untuk senam bersama. Dan dengan line dances bisa mengurangi kepikunan, agar happy dan sehat selalu,” ungkap Budhi.

Menurut Budhi, nantinya setiap bulan kegiatan line dances seperti ini akan dilaksanakan secara rutin. Budhi menyebut, line dance selalu mengisi pada acara-acara hari besar.

Pengurus DPW ILDI Kota Semarang, Dra. Sri Indra Sakti, BSc, MH mengatakan, line dances merupakan gerakan langkah-langkah dan olahraga yang membuat aktif secara fisik, emosi, mental dan kesehatan yang dilakukan secara bersama-sama.

“Dengan line dances mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dari segala penuaan. Selain itu, line dances mampu meningkatkan rasa percaya diri, kebersamaan dan sebagai sarana sosial untuk memperluas pergaulan,” kata Sri Indra.

Menurut Sri Indra, ILDI adalah wadah organisasi yang menggalang kegiatan langkah dansa di Indonesia, yang siap jadi mitra pemerintah dalam pembinaan dan pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas, dan mempererat persatuan bangsa melalui kegiatan langkah dansa.

“ILDI memiliki visi mempersatukan bangsa melalui langkah dansa yang berbudaya Indonesia. Sedangkan misinya memasyarakatkan langkah dansa ke seluruh Nusantara, untuk mencapai masyarakat “Sehat dan Bugar”, dengan motto, “Samakan Langkah Bersama ILDI”.

Ning Suparningsih