Salah satu penampilan dari murid-murid SD Al-Islam Pengkol Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan berbasis proyek yang menjadi pembeda kurikulum merdeka dengan kurikulum sebelumnya. Hal ini menjadi paradigma baru dalam dunia pendidikan.

Dengan mengambil tema “Menumbuhkan jiwa wirausaha berakhlak mulia melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”, SD Al-Islam Pengkol Jepara belum lama ini menggelar bazar dan pameran karya.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Yayasan Al Islam Jepara K.H Achmad Mukhoyyar, kepala sekolah SD Al Islam Pengkol Faizar Rohman, S.Pd, Ketua Komite SD Al Islam Eko Prasetyo S.Pd, Pengawas SD dabin IV Laili Nur, M.Pd, jajaran pengurus yayasan, dewan guru, ustadz/ustadzah serta wali murid dari siswa SD Al Islam Pengkol Jepara.

Dalam sambutannya, , Ketua Komite SD Al Islam Eko Prasetyo S.Pd mengatakan selain untuk mengapresiasi karya anak, kegiatan pameran karya ini juga dapat menumbuhkan dimensi dari profil pelajar pancasila diantaranya profil bergotong royong, mandiri dan kreatif.

Sementara itu, Laili Nur, M.Pd pengawas SD dabin IV menuturkan bahwa SD Al Islam Pengkol Jepara ini sudah sesuai dengan alur pelaksanaan P5 yang dijalankan selama 1 semester dengan mengambil tema kewirausahaan dan membaginya menjadi 3 fase.

“Dengan adanya bazar yang menarik dan di tambah dengan fashion show menjadikan anak-anak lebih antusias dan tampil percaya diri dalam memamerkan hasil karya P5 nya”, ujar Laili.

Bazar dan pameran karya ini diisi oleh beberapa stand, diantaranya ada stand informasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang telah dibuka bersamaan dengan acara bazar, stand hasil produk P5 dari mulai FASE A (kelas 1 dan 2), FASE B (kelas 3 dan 4) dan FASE C (kelas 5 dan 6), stand pameran alat ekstra panahan, serta stand UMKM dari guru dan wali murid.

Selain stand bazar, juga ada panggung utama yang menampilkan kreasi hasil dari ekstra kurikuler SD Al Islam Pengkol Jepara seperti Rebana, Karate, Drama, dan Menyanyi. Kemudian sesi yang paling ditunggu anak-anak dan walimurid dari panggung utama adalah fashion show.

Sesi ini menampilkan anak-anak perwakilan dari kelas masing-masing dengan berdandan semenarik mungkin dan berjalan dengan memamerkan produk hasil karya P5 nya. “Saya sangat senang dan antusias sekali dalam mengikuti fashion show  ini, saya ini sampai membeli kebaya dan di makeup dari subuh” kata Sasya salah seorang peserta fashion show dari kelas 5A.

Kayla, salah satu walimurid yang berpartisipasi dalam bazar dan pameran karya P5 ini sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh SD Al- Islam. “Kami sangat bersemangat dalam mengikuti acara ini, karena selain ikut memeriahkan acara bazar dan pameran karya P5 ini, juga dapat mengenalkan produk yang dijualnya kepada para pengunjung”, kata Kayla.

Bagus Kurniawan, S.Pd, Ketua Panitia kegiatan mengatakan, tema ini diambil karena memang SD Al Islam Pengkol merupakan sekolah swasta dengan keunggulan madrasah diniyyah di dalamnya, sehingga diharapkan anak-anak selain cakap dalam berwirausaha juga memiliki akhlak mulia sehingga menjadi wirausaha yang beriman kepada Allah, jujur dan berkarakter.

“Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan dan terus didukung oleh semua pihak dari SD al Islam Pengkol Jepara. Dapat terus memberikan yang terbaik untuk siswa siswi SD Al Islam Pengkol dan menjadi anak cerdas berakhlak mulia”, tutup Bagus.

ua/izzuddin