blank
Ganjar menunjukkan dayung yang diproduksi suku Asmat yang ada di Papua. Foto: hms

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat hadiah sebuah dayung dan asesoris khas dari Suku Asmat di Papua. Hadiah itu diberikan, usai Ganjar pentas ketoprak ‘Sumpah Amukti Palapa’, yang dihelat Kagama Surakarta, di Auditorium RRI Surakarta, Sabtu (10/12/2022) malam.

Ketua Asosiasi Pengukir Asmat Papua, Patkalis Wakat, mengatakan, pihaknya sudah dua bulan berusaha untuk menemui orang nomor satu di Jateng itu.

”Kami sudah dua bulan berusaha bertemu Pak Ganjar. Dan luar biasa, tadi itu Tuhan menyertai kami untuk ketemu Pak Ganjar,” ujarnya.

BACA JUGA: Pecah, Ganjar Main di Adegan Dagelan Ketoprak Sumpah Amukti Palapa

Dalam pertemuan itu, Patkalis memberikan hadiah sebuah dayung khas Suku Asmat. Sepanjang sekitar 2,5 meter, terdapat bulu sejenis angsa. Selain dayung, juga disematkan mahkota dan tas.

”Dayung yang kami berikan ini, sebagai simbol kita bersama-sama mendayung untuk menuju 2024,” ungkapnya.

Baginya, Ganjar adalah pemimpin yang punya kedekatan dengan Papua, terutama Suku Asmat. ”Kami melihat, gerakan yang dilakukan Pak Ganjar di tengah masyarakat itu, sama dengan Pak Jokowi. Ini membuktikan, ke depan kalau Pak Ganjar jadi presiden, pasti lebih banyak melihat kepentingan rakyat,” tuturnya.

Pihaknya juga menobatkan Ganjar Pranowo sebagai anak adat Suku Asmat. ”Kami orang Asmat, kami merasa alam kita menyertai, harus bertemu dengan Pak Ganjar. Dan kami menobatkan Pak Ganjar sebagai anak adat orang Asmat,” harapnya.

Riyan