blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Forkopimda dengan didampingi Kepala SMAN 1 Jepara MNgaripah saat menyaksikan pameran karya siswa (Foto: Kmf- Sls)

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMAN 1 Jepara melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tema dalam kegiatan tersebut Menyemai Kearifan Lokal Memetik Bunga Zaman. Acara dilaksanakan di Aula SMAN 1 Jepara, Kamis (8/12/2022).

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta resmi membuka acara P5. Turut Hadir Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719 Jepara Mukhamad Husnur Rofiq, Kepala Perangkat Daerah, Kepala SMAN 1 Jepara Ngaripah beserta Dewan Guru, dan para wali murid siswa.

Menurut  Edy Supriyanta P5 sangat bermanfaat bagi peserta didik antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga yang aktif, melatih kemampuan memecahkan masalah dalam berbagai kondisi, serta menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar.

blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dengan didampimngi Kepala SMAN 1 Jepara Ngaripah saat menyaksikan karya siswa (Foto: Kmf-Sls)

Selain itu, siswa siswi yang merupakan generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan masa depan. Termasuk mengimpletasikan kearifan lokal yang ada.

“Saya harap adik-adik kita dapat memanfaatkan kearifan lokal. Sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,”katanya.

Sedangakan Kepala SMAN 1 Jepara  Ngaripah menuturkan, inti dari kegiatan tema P5 adalah  membentuk peserta didik SMAN 1Jepara menjadi peserta didik yang berjiwa dan berkarakter sesuai nila-nilai Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

Tema projek ini dipilih dengan latar belakang menimimalisir gelombang krisis identitas diri para generasi muda terutama siswa-siswi yang disebabkan oleh lunturnya budaya dan juga kearifan lokal masyarakat. Maka dari itu tema ini dipilih agar dapat membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui aktualisasi diri tentang budaya dan kearifan lokal di daerah masing-masing.

Pada acara ini Pj. Bupati Jepara dengan Forkopimda menyempatkan keliling stand kuliner, hasil kreativitas siswa-siswi. SMAN 1 Jepara melaksanakan kegiatan P5 dengan beberapa rangkaian kegiatan antara lain, membatik, grafis, nonton film bersama, teater, sastra, kuliner, dan lain sebagainya.

Hadepe – Kmf