blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Puluhan warga Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, mendapat pelatihan kesiapsiagaan bencana. Acara yang berlangsung di balai desa setempat pada Sabtu siang hingga sore (3/12/2022), sekaligus diisi dengan pengukuhan mereka sebagai relawan penanganan bencana, baik skala lokal maupun bergabung dengan tim di tingkat yang lebih tinggi.

Petinggi Suwawal Arief Ma’sum saat mengukuhkan tim relawan tersebut mengatakan, materi pelatihan diberikan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara. Tim yang disebut dengan Desa Suwawal Rescue (DSR) itu diingatkan agar selalu siap setiap saat bergabung dalam upaya penanganan bencana di mana pun tanpa pamrih.

blank

“Namanya saja relawan. Harus rela dan setia demi kawan,” katanya.

Mereka juga diminta ikut menjaga lingkungan dari potensi bencana alam, baik di Desa Suwawal maupun wilayah lain se-Indonesia.

“Tentu dengan cara bergabung dengan BPBD, SAR, atau Basarnas dalam setiap kegiatan sosial kebencanaan,” tandasnya.

blank

Ketua DSR Purwanto Godok menambahkan, pada tahap awal anggotanya berjumlah 25 orang lintas unsur di desa tersebut. “Anggota diambil dari unsur masyarakat, antara lain Banser, PKK, kader, PKD, Pemuda Pancasila, dan perangkat desa. Kemudian Karang Taruna, RT, RW, hingga Baguna PDI Perjuangan yang bergabung menjadi satu kesatuan,” katanya.

Akl