blank
KAI Resmikan KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang - Ketapang pp. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan peluncuran Kereta Api baru yaitu KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang – Ketapang pp.

Peresmian pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres dilakukan oleh Plt Walikota Semarang Hevearita G Rahayu bersama Kepala Daop 4 Semarang KAI Wisnu Pramudyo, Jumat (2/12/2022).

“Patut disyukuri pada hari ini kita menyaksikan bersama-sama peluncuran perdana KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang – Ketapang pp. KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang dan sebaliknya,” ujar Wisnu.

Wisnu mengatakan, perjalanan KA Blambangan Ekspres ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan semakin banyak rute yang dilayani kereta api. Mengingat selama ini belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Kota Semarang dengan Ketapang secara langsung.

Di samping itu, KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kota Semarang dan Kota Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui. Hadirnya KA Blambangan Ekspres akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berwisata ke destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Banyuwangi.

Penamaan KA Blambangan Ekspres terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa yakni Kerajaan Blambangan. Harapannya, KA Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40 Wib. Sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Ketapang pada pukul 19.30 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44 Wib.

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah karena selama keberangkatan 2 s.d 18 Desember 2022 KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas.