blank
Ilustrasi MBTI. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator merupakan suatu tes yang dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, preferensi dan kekuatan seseorang.

Tes ini dirancang berdasarkan teori kepribadian, Carl Jung oleh psikolog bernama Isabel Myers dan ibunya Katherine Briggs pada tahun 1940-an.

Dilansir dari Suara.com, Tes MBTI sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan paling sering digunakan di seluruh dunia. Kamu perlu menjawab berberapa pertanyaan yang telah di bagi menjadi empat skala berbeda, yaitu:

Baca Juga: Empat Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mogok di Jalan

Extraversion (E) –Introversion (I)

Skala ini menggambarkan cara seseorang merespons dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Extraversion atau extrovert menunjukkan pribadi yang lebih terbuka, senang berinteraksi dan merasa berenergi ketika menghabiskan waktu bersama orang lain.

Sedangkan introversion atau introvert menunjukkan pribadi yang lebih tertutup, menikmati interaksi sosial emdalam, merasa berenergi jika menghabiskan waktu seorang diri dan kurang suka berinteraksi sosial.

Sensing (S) – Intuition (I)

Skala ini menggambarkan bagaimana seseorang mengumpulkan dan mengolah informasi dari dunia sekitar. Sensing menunjukkan seseorang lebih suka memberi perhatian kepada kenyataan dan fakta yang ada. Sedangkan intuition, menunjukkan seseorang lebih menyukai informasi teoritis dan abstrak.

Baca Juga: Empat Tips Mekeup Lebih Tahan Lama