blank
Direktur Program LAZiS Jateng, Ariyanto SE secara simbolis menyerahkan bantuan untuk korban gempa Cianjur, dalam kegiatan pemberangkatan truk kemanusiaan LAZiS Jateng. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – LAZ Al Ihsan (LAZiS) Jawa Tengah hari ini memberangkatkan truk kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, Jumat (2/12/2022).

Truk kemanusiaan peduli gempa Cianjur ini merupakan hasil kolaborasi bersama masyarakat Jawa Tengah senilai Rp 870.251.091, yang berupa 6.266 paket makanan, 6.450 paket pakaian dan perlengkapan sanitasi, serta 885 paket kebutuhan balita dan anak.

Ariyanto SE, selaku Direktur Program LAZiS Jateng menyampaikan, dalam merespon terjadinya bencana gempa di Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB lalu, LAZiS Jawa Tengah sebelumnya telah melakukan berbagai upaya.

“Sebelumnya kami sudah memberangkatkan 4 relawan LAZiS Jateng tahap pertama pada Selasa (22/11) lalu untuk melakukan assessment, mendistribusikan bantuan, serta mendirikan posko dan dapur umum untuk memasok 100 paket makanan siap santap per hari,” kata Ariyanto.

Selain itu, 1 unit ambulans juga diberangkatkan bersama relawan yang diterjunkan ke lokasi gempa di Cianjur.

Sementara dalam rekapitulasi aksi kemanusiaan tahap pertama untuk gempa Cianjur (data per 27/11) total penerima manfaat 288 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di 8 titik lokasi aksi kemanusiaan, yaitu di Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur sebanyak 4 titik distribusi bantuan, Desa Padaluyuh, Kecamatan Cugenang, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Desa Sukawangi, Kecamatan Cugenang, dan Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, masing-masing 1 titik aksi distribusi bantuan.

“Bantuan yang didistribusikan berupa 200 paket makanan siap santap dan air mineral, 30 buah alas tidur, 30 buah selimut, 30 paket kebutuhan balita dan anak, dan 3 buah terpal atau tenda pengungsian,” terangnya.

Selain itu juga memberangkatkan 8 relawan LAZiS Jateng, 1 unit mobil operasional dan 1 unit mobil ambulans pada tahap kedua, Selasa (29/11) lalu, dengan fokus aksi berupa psikososial, layanan kesehatan dan pemetaan wilayah distribusi untuk bantuan yang akan dikirimkan melalui truk kemanusiaan.

Menurut Ariyanto, setelah pemberangkatan truk kemanusiaan hari ini, insyaa Allah LAZiS Jateng akan kembali memberangkatkan truk kemanusiaan tahap kedua pada Senin (12/12) mendatang.

“Pada tahap pemulihan, LAZiS Jateng berkomitmen tetap memberikan dukungan untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur, dengan mendirikan hunian sementara (Huntara), sebagai tempat tinggal sementara, selama masa pemulihan rumah masyarakat yang rusak akibat gempa tersebut,” pungkas Ariyanto.

Ning Suparningsih