blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Orang-orang yang dapat dipercaya akan selalu berpegang teguh pada perkataan mereka dan tidak akan pernah menjebakmu. Namun ternyata, adanya sifat-sifat ini mungkin memiliki hubungannya dengan tipe kepribadian seseorang masing-masing lho. Salah satu indikator kepribadian yang sering kita gunakan adalah dengan melakukan MBTI test.

Dilansir dari Suara.com menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), seseorang dapat diklasifikasikan dalam salah satu dari 16 “tipe” kepribadian. Hal tersebut tergantung pada kesukaan dan ketidaksukaan kita yang berbeda, bagaimana kita membuat keputusan, dan bagaimana kita memandang dunia.

Bergantung pada jawaban kita, tipe kepribadian tersebut diidentifikasi oleh akronim empat huruf yang dapat memberi tahu banyak hal tentang diri kita. Meskipun hal ini bukanlah suatu ilmu yang sempurna, para ahli mengatakan bahwa tipe kepribadian tertentu cenderung lebih dapat dipercaya daripada yang lain. Berikut adalah 5 MBTI paling bisa dipercaya :

Baca Juga: 16 Tipe Kepribadian, Temasuk yang Manakah Kamu?

1. ISFJ

Seorang yang memiliki tipe kepribadian ISFJ kemungkinan dapat kita percayai. Hal ini karena ISFJ adalah seorang yang dapat diandalkan dan setia. Joseph Puglisi, CEO Dating Iconic juga menyebutkan bahwa penginderaan dan perasaan yang dimiliki oleh ISFJ, dapat membuat seseorang yang berada sekitarnya ikut menjadi lebih baik.

2. ESFJ

Kepribadian ESFJ dikenal sebagai seorang yang ekstrover, ramah, berhati lembut, terorganisir, setia, dan bertindak sebagai pelindung. Orang-orang yang memiliki kepribadian ini akan biasanya mereka berusaha keras untuk membuktikan kepercayaan mereka kepadamu.

Mereka biasanya tidak mudah mempercayai sesuatu yang negatif tentang teman atau pasangan mereka, dan mereka ingin memastikan bahwa kamu merasa dicintai juga olehnya.

Baca Juga: Empat Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mogok di Jalan

3. ISTJ

Tipe MBTI lainnya yang dapat dipercaya dan diandalkan adalah ISTJ. ISTJ adalah seorang yang introver, peka, pemikir, dan suka menghakimi, protektif, namun setia. Seorang dengan kepribadian ini sering kali disebut sebagai tipe kepribadian yang paling dapat diandalkan, karena mereka menghormati setiap perkataan dan komitmen di atas segalanya.

4. INTJ

INTJ adalah seorang yang introver, intuitif, berpikir, dan yang paling dapat dipercaya. Menurut Ketan Parmar, pakar kesehatan mental di ClinicSpots tipe kepribadian INTJ dikenal sangat cerdas, memiliki skor yang tinggi dalam kepercayaan. Hal ini mungkin karena mereka cukup sadar diri untuk mengenali pentingnya kepercayaan dalam hubungan sesama manusia.

5. ESTJ

ESTJ adalah salah satu kepribadian ekstrover, yang memiliki karakteristik sebagai pemikir, seorang yang dapat dipercaya, namun tidak bisa menahan diri untuk menanggapi informasi yang diberikan kepada mereka alias tipe judging. Menurut Janet Coleman, pakar kesehatan TheConsumerMag, tipe ESTJ ini tipe kepribadian yang setia, dapat dipercaya, dan tidak bertele-tele alias blak-blakan.

Itulah 5 MBTI yang paling bisa dipercaya, apakah tipe kerpribadianmu termasuk salah satunya?

Claudia