blank
Ganjar Pranowo (kanan), bersama Firli Bahuri (tengah) dan Khofifah Indar Parawansa (kiri), memukul gong bersama-sama, menandai pembukaan peringatan Hakordia, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/12/2022). Foto: hms

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghadiri pembukaan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/12/2022). Politikus berambut putih itu mendorong seluruh daerah, untuk berkomitmen antikorupsi.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Ketua KPK RI, Komjen Pol Firli Bahuri itu, juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edi Pratowo, dan Sekda Kalimantan Barat serta Kalimantan Selatan. Selain itu, para Bupati dan Wali Kota se-Jatim.

Dikatakan Ganjar, peringatan Hakordia harus menjadi momentum untuk menjaga semangat dalam berkomitmen antikorupsi di seluruh daerah di Indonesia.

BACA JUGA: Perumda Air Minum Kabupaten Magelang Berkomitmen Peduli Masyarakat

”Semangatnya yang mesti kita jaga terus-menerus, bagaimana perayaan ini mendorong seluruh daerah punya komitmen antikorupsi,” ujarnya.

Menurut Ganjar, dalam pemerintahan tindakan korupsi dapat dicegah sejak mulai perencanaan program. Hal ini dapat dilakukan secara transparan, dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sejalan dengan DPRD.

”Kemudian kita dorong pada program yang ingin dituju, konteksnya kesejahteraan. Pasti distorsinya sudah terjadi, dan distorsi itu butuh satu pengawasan. Yang kedua butuh penindakan,” tegasnya.

BACA JUGA: Kisah Kiai Telingsing dan Patih Sungging Badar Duwung, Dua Seniman Ukir pada Zaman Kerajaan Demak

Sementara itu, Ketua KPK RI, Komjen Pol Firli Bahuri, menyampaikan, kagiatan ini merupakan Roadshow Hakordia di Surabaya, untuk menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022, yang puncaknya pada 9 Desember mendatang, di Jakarta.

”Kegiatannya, kita menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022, dengan tema ‘Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi’,” tandasnya.

Riyan