blank
GIIAS Semarang 2022 dibuka resmi oleh Sekda Jateng, Sumarno, didampingi Plt. Kepala Bapenda Jateng, Eddy Sulistiyo Bramiyanto, Anggota Komisi C DPRD Jateng, Padmasari Mestikajati, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dan Ketua Penyelenggara Pameran, Rizwan Alamsjah, di MCC Semarang, Rabu (23/11/2022). Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 di Kota Semarang resmi dibuka hari ini, Rabu (23/11/2022). Berlangsung selama lima hari hingga 27 November 2022 di Marina Convention Center (MCC), pameran ini diikuti oleh sejumlah merk otomotif ternama di dunia.

GIIAS Semarang 2022 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno, yang didampingi oleh Plt. Kepala Bapenda Jawa Tengah, Eddy Sulistiyo Bramiyanto, Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Padmasari Mestikajati, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dan Ketua Penyelenggara Pameran, Rizwan Alamsjah.

Yohannes Nangoi mengungkapkan, alasan pemilihan Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang sebagai daerah tempat penyelenggaraan GIIAS, menurutnya lantaran industri otomotif di Jawa Tengah memiliki potensi berkembang yang tinggi.

“Kehadiran GIIAS Semarang bukan tanpa alasan, pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8% dari distribusi secara nasional, dan saat ini Jawa Tengah berada di posisi empat dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2018-2021,” katanya di sela-sela acara pembukaan.

Lebih jauh Yohanes menjelaskan, berdasarkan catatan tersebut menjadikan Semarang menjadi kota yang sangat potensial untuk pertumbuhan industri otomotif. Pihaknya meyakini dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang akan mampu memberikan dorongan untuk pencatatan capaian industri otomotif di provinsi Jawa Tengah.

Tak hanya itu saja, dirinya juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Jawa Tengah, atas berhasil terselenggaranya GIIAS Semarang 2022. Pihak Pemprov Jateng dinilai sangat aktif memberikan dukungan dan arahan untuk penyelenggaraan GIIAS Semarang.