Ganjar mengecek Jembatan Wonokerto di Kecamatan Karangtengah, Demak, yang sore ini direncanakan dibuka untuk umum. Foto: hms

DEMAK (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau progres Jembatan Wonokerto, di Kabupaten Demak, Jumat (18/11/2022). Dari laporan penanggungjawab proyek, Ganjar mengatakan, jembatan itu bisa difungsionalkan pada sore ini.

Sekitar pukul 11.15 WIB, Gubernur Ganjar Pranowo dari Semarang langsung menuju ke Jembatan Wonokerto. Dari arah Semarang, antrean kendaraan masih ada, namun tak separah pada pekan lalu.

Saat tiba di lokasi, Ganjar disambut Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian. Dia melaporkan, saat ini proses pengaspalan sudah berjalan dan menyisakan finishing.

BACA JUGA: Perlunya Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Insya Allah jembatan hari ini bisa dibereskan, butuh waktu empat jam untuk kering, sore nanti kita buka,” tegas Ganjar usai melakukan peninjauan.

Dia juga menyampaikan apresiasinya, kepada Kementerian PUPR, PT Bukaka sebagai penanggungjawab jembatan, serta PT PP sebagai pelaksana tol. ”Tol sekarang sudah dua lajur, yang jembatan sore ini dibuka. Mudah-mudahan bisa lancar,” ungkapnya.

Ganjar menyebutkan, jembatan itu belum 100 persen selesai. Dia meminta pengertian warga, jika nantinya penanggungjawab harus kembali menutup jembatan untuk pengerjaan teknis.

BACA JUGA: Ketua PDM Wonogiri: Kontingen Berjumlah 13 Orang Penggembiranya Ribuan

”Mohon kepada warga yang melewati jalur ini bisa memaklumi. Tapi kita akan coba lancarkan, minimal di dua waktu yang biasanya terjadi traffic jam, pagi dan sore,” tutur dia.

Saat tinjauan itu, sejumlah pengendara yang melintas menyapa Ganjar. Ketua Umum Kagama itu pun membalas sapaan, dan sambil bertanya kondisi apakah lalu lintas sudah membaik atau belum.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Jembatan Wonokerto, yang ada di Kecamatan Karangtengah, Demak, diperbaiki sejak Juli 2022. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di dua arah. Gubernur yang menerima banyak komplain pun, akhirnya melakukan sidak pada Selasa (8/11) lalu.

Saat itu, Ganjar meminta para pekerja agar mempercepat pekerjaan, agar jembatan bisa segera difungsionalkan. Ganjar juga menghubungi otoritas terkait, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga akhirnya pengerjaan jembatan dipercepat untuk mengurai kemacetan.

Riyan