blank
Kanwil Kemenkumham Jateng bersama Direktorat Jenderal HAM menggelar sosialisasi Pustaka HAM Digital. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Direktorat Jenderal HAM membangun perpustakaan spesial bernama Pustaka HAM yang menyediakan buku-buku khusus tentang HAM.

Guna mensosialisasikan perpustakaan berbasis digital tersebut, Kanwil Kemenkumham Jateng bersama Direktorat Jenderal HAM menggelar sosialisasi Pustaka HAM Digital.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah melalui Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi mengungkapkan, perpustakaan tersebut berfungsi sebagai salah satu wujud pelaksanaan pelayanan informasi di bidang HAM.

“Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang hak asasi manusia. Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, maka dibutuhkan perpustakaan yang menyediakan bahan pustaka khusus terkait Hak Asasi Manusia,” ujar Bambang, Jumat (18/11/2022).

Koordinator Perpustakaan dan Dokumentasi, Ruth Marshinta Sarumpaet menjelaskan secara terperinci panduan penggunaan aplikasi Pustaka HAM Indonesia yang dapat diakses melalui situs https://pustaka.ham.go.id/ dan aplikasi berbasis iOs/Andorid beserta fitur-fiturnya.

“Ada dua layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan HAM Indonesia Digital, yaitu layanan konten buku fisik, dan konten digital (e-book). Semenjak Desember 2021 dibuat dalam bentuk aplikasi yang terdiri dari beberapa kategori di dalamnya berdasarkan kerja sama dengan LSM dan NGO terkait,” terang Ruth.

Sementara Pengolah Data Ditjen HAM, Windra Aris Pratama menyampaikan terkait pendokumentasi data dan informasi HAM melalui pengembangan website JDIH Ditjen HAM.

Hadir pada sosialisasi tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah, Dinas Provinsi Jawa Tengah, dan perwakilan Perpustakaan Universitas di Semarang.

Ning Suparningsih