blank
Ilustrasi kacang kapri. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang kapri atau yang mempunyai nama latin Pisum sativum L adalah jenis kacang polong yang bisa dimanfaatkan bersama dengan kacang polongnya.

Dilansir dari Suara.com tidak hanya lezat, kacang polong atau kacang kapri ini juga mempunyai berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Dengan adanya kandungan nutrisi di dalamnya, kacang kapri ini juga sangat berguna bagi sel, jaringan dan organ dalam tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik. Dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah manfaat kacang kapri untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Lima Manfaat Punya Hewan Peliharaan

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat kacang kapri salah satunya ternyata bisa membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Hal ini karena kacang kapri yang berwarna hijau ini mengandung zat antioksidan yakni fenol dan polifenol pada biji kacang dan polongnya.

Kemudian radikal bebas ini adalah molekul yang dapat merusak sel, DNA, dan protein dalam tubuh, maka tak heran apabila mengonsumsi kacang kapri dalam jumlah yang pas bisa menangkal radikal bebas yang memicu penyakit.

2. Jaga kesehatan jantung

Kacang kapri diketahui juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung karena di dalamnya terdapat kandungan mineral. Mineral pada kacang kapri ini juga bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi sebagai pemicu penyakit jantung.

Baca Juga: Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Lima Manfaat daun Kelor Bagi Kesehatan

Kemudian kandungan serat tinggi pada kacang kapri ini juga terbukti bisa menurunkan kolesterol dan kolesterol jahat atau LDL. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk menambahkan kacang kapri ke dalam menu makanan untuk memelihara kesehatan jantung.

3. Baik untuk sistem pencernaan

Mungkin beberapa orang mengira kalau kacang kapri ini bisa menimbulkan perut kembung padahal tidak. Adanya kandungan serat dalam kacang kapri ini justru baik dalam membantu melancarkan buang air besar (BAB).

Apabila kalian mengalami masalah susah buang air besar atau sembelit ringan bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang kapri. Kemudian kandungan protein pada kacang kapri ini juga bisa membantu dalam menjaga kadar bakteri baik pada usus supaya tetap seimbang dalam mencerna makanan.

Baca Juga: Empat Bahaya Berlebihan Mengonsumsi Cokelat Bagi Kesehatan

Efek Samping

Walaupun dinilai aman untuk dikonsumsi, namun kacang kapri juga bisa menimbulkan efek samping pada sejumlah orang. Adapun pemicunya adalah karena kacang kapri ini mengandung anti-nutrisi, seperti asam fitat dan lektin yang mungkin saja bisa menimbulkan beberapa masalah.

Akan tetapi, kalian bisa mengurangi efek anti-nutrisi ini dengan merendam atau memasak kacang kapri tersebut terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh dan semoga bermanfaat.

Claudia