blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hewan peliharaan seringkali dianggap sebagai anak sendiri oleh pemiliknya. Bagaimana tidak? Kalau hewan peliharaan sakit, maka pemiliknya juga akan sedih dan berusaha untuk mengobatinya. Begitu juga sebaliknya, pemilik hewan tersebut akan merasa senang kalau peliharaannya kembali aktif dan bisa diajak main.

Dilansir dari Suara.com, biasanya pemilik akan memberi nama hewan peliharaannya dengan sebutan yang lucu dan menggemaskan. Namun, punya hewan peliharaan itu bukan hanya karena lucunya saja, lho!

Melainkan juga harus paham cara merawat dan menyayanginya. Nah, ada 5 manfaat punya hewan peliharaan yang perlu kamu tahu. Simak selengkapnya!

Baca Juga: Tenang! Mengatasi masalah tanpa masalah, 5 hewan ini mendatangkan rezeki yang tanpa kita sadari.

1. Tidak kesepian

Hewan peliharaan bukan sembarang hewan bagi pemiliknya. Namun, ia telah menjadi teman yang selalu sedia menemani ketika pemiliknya merasa kesepian. Biasanya orang akan mengajak peliharaannya ngobrol dan bahkan dijadikan teman curhat.

2. Mengurangi stres

Setelah aktivitas seharian di luar rumah, paling senang apabila disambut oleh hewan peliharaan. Rasanya ingin bermain dengannya terlebih dulu daripada beristirahat.

Orang yang memiliki hewan peliharaan bisa mengalihkan rasa stresnya dengan bermain bersama hewan kesayangannya itu, sehingga hal tersebut bisa mengurangi stres.

Baca Juga: Lima Rekomendasi Hewan Peliharaan yang Cocok untukmu

3. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Memiliki hewan peliharaan tidak boleh sembarangan asal pelihara saja, lho. Tapi, juga harus paham dengan cara merawatnya, memberinya makan, membersihkan kandangnya, dan tidak lupa juga mengecek kesehatannya.

Hewan yang sakit dikhawatirkan bisa menularkan virus ke tubuh pemiliknya. Tapi, bukan berarti bisa seenak hati membuang atau menelantarkannya. Pemilik hewan tersebut harus bertanggung jawab dan harus siap merawat hewan peliharaannya hingga sembuh.

4. Meningkatkan mood

Hewan peliharaan seringkali menjadi moodbooster ketika pemiliknya merasa sedih. Ia akan kembali senang ketika melihat hewan kesayangannya dan mengalihkan rasa sedihnya untuk berinteraksi dengan peliharaannya itu. Dengan begitu, mood menjadi lebih baik dan owner bisa tersenyum kembali.

5. Tubuh lebih aktif bergerak

Dengan memelihara hewan peliharaan bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak dan mengurangi rasa mager. Misalnya mengajaknya bermain, membersihkan kandangnya, atau melakukan kegiatan seru lainnya dengan hewan peliharaan.

Claudia