blank
Memphis Depay. (foto: espn.com)

SUARABARU.ID – Pelatih Belanda Louis van Gaal memasukkan penyerang Barcelona Memphis Depay yang cedera dan pemain remaja Xavi Simons dalam skuad 26 pemainnya untuk Piala Dunia, tetapi tidak memasukkan kiper veteran Jasper Cillessen.

Depay tidak bermain sejak tertatih-tatih selama pertandingan Liga Bangsa-Bangsa Belanda melawan Polandia pada 22 September lalu, dan telah bermain kurang dari 150 menit untuk Barcelona musim ini. Tapi Van Gaal sudah mengatakan bahwa pencetak gol terbanyaknya akan pasti mendapat tempat selama ada kesempatan dia bermain selama turnamen. “Dia fit untuk bermain dari sudut pandang medis, tetapi kami harus membangun Depay,” kata Van Gaal dalam konferensi pers.

“Dia tidak akan bisa menjadi starter di pertandingan pertama kami melawan Senegal (pada 21 November), tapi dia mungkin masuk sebagai pemain pengganti,” katanya, menambahkan bahwa Vincent Janssen dari Royal Antwerp akan menjadi pengganti Depay.

Cedera Depay, yang terlibat dalam 18 dari 33 gol yang dicetak Belanda dalam kampanye kualifikasi, merupakan risiko serius bagi peluang tim, kata Van Gaal, tetapi tidak mengubah tujuan akhir mereka. “Kami punya satu tujuan, menjadi juara dunia. Dengan semangat tim, kami pasti punya peluang bagus,” kata mantan pelatih Ajax, Bayern Munich, dan Manchester United berusia 71 tahun itu.

Xavi Simons, 19, telah membuat kesan yang kuat sejak pindah dari Paris Saint-Germain ke PSV Eindhoven musim panas ini, mencetak delapan gol dalam 13 pertandingan liga. Van Gaal membuat kejutan di gawang dengan meninggalkan Cillessen yang berusia 33 tahun, yang bergabung kembali dengan klub lamanya NEC Nijmegen dari Valencia musim panas ini dengan harapan menghidupkan kembali karir internasionalnya.

Skuat Belanda selengkapnya:
Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Andries Noppert (Heerenveen), Remko Pasveer (Ajax Amsterdam)

Bek: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Ajax), Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (Internazionale), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Tyrell Malacia (Manchester United), Jurrien Timber (Ajax), Stefan de Vrij (Inter Milan)

Gelandang: Steven Berghuis (Ajax), Frenkie de Jong (Barcelona), Davy Klaassen (Ajax), Teun Koopmeiners (Atalanta Bergamo), Marten de Roon (Atalanta Bergamo), Xavi Simons (PSV Eindhoven), Kenneth Taylor (Ajax)

Penyerang: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Barcelona), Cody Gakpo (PSV), Vincent Janssen (Antwerp), Luuk de Jong (PSV), Noah Lang (Club Brugge), Wout Weghorst (Besiktas)

Nur Muktiadi