blank
 Suasana kegiatan PMI Surakarta Susur kampung di Tipes Solo. Foto: PMI Ska

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta melakukan Sususr Kampung di wilayah RW 13 Kelurahan Tipes Kota Surakarta. Kegiatan yang menyertakan dokter muda dari  Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)Surakarta relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), berlangsung Jumat (4/11/2-22).

Menurut Kepala Markas PMI Surakarta , Budi Purwanto, S.Si, M.Si, kegiatan susur kampung kali ini melibatkan sekitar 21 personil . Jumlah disebut terakhir terdiri delapan dokter muda, seorang dokter PMI, seorang apoteker dan seorang perawat serta 10 relawan SIBAT kelurahan Tipes. Seluruh personil medis peserta susur kampung  melakukan cek kesehatan, sosialisasi hidup bersih dan sehat, serta edukasi vaksinasi Covid-19 . Pemeriksaan kesehatan berikut obat obatan  yang diberikan PMI dalam program susur kampung bersifat gratis.

Artinya masyarakat tidak dipungut biaya  karena kegiatan yang berlangsung sepenuhnya dibiayai dari program dompet kemanusiaan  PMI Surakarta. Artinya seluruh  hasil donasi masyarakat  disalurkan 100 persen kepada masyarakat yang sakit dan kurang mampu.

“PMI turut mengajak dan mengharapkan masyarakatberpartisipasi dalam program ini dengan cara donasi secara langsung ataupun bisa transfer di BTN,” terangnya.

Hipertensi

 Sementara itu Sutan Kahfi Alif Widianto (24), salah satu dokter muda FK UNS salah seorang peserta mengatakan, pihaknya bersyukur dapat mengikuti kegiatan susur kampung. Sehingga ini,  dapat mengetahui kondisi masyarakat langsung dilapangan. Selain itu juga dapat komunikasi dan mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat.

“Total 39 warga yang kami cek kesehatannya. Sembilan di antara kami berikan terapi berupa obat dan 30 lainya mendapat edukasi untuk kontrol tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan cara menjaga pola makan dan olahraga serta istirahat yang cukup,” urainya.

Bagus Adji