Festival Pasar Harmoni
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein (baju putih, red) saat meninjau stand “Pinilih Craft” pada Festival Pasar Harmoni. Festival yang digelar di kompleks Candi Pawon tersebut merupakan rangkaian Borobudur Marathon 2022. Foto: W.Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID): Mengawali rangkaian acara Borobudur Marathon 2022, sebanyak 22 UMKM di Magelang yang tergabung dalam kelompok Pawone  menjadi peserta  Festival Pasar Harmoni. Festival tersebut dilaksanakan di komplek Candi Pawon, Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (5/11/2022) sore.

“Ke -22 UMKM yang terlibat dalam acara tersebut terdiri atas 13 UMKM kuliner dan sembilan UMKM kriya yang ada di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang,” kata salah satu panitia Borobudur Marathon 2022, Vina, Sabtu (5/11/2022) sore

Vina mengatakan, kegiatan Festival Pasar Harmoni ini merupakan rangkaian Borobudur Marathon 2022.  Ke-22 UMKM tersebut, nantinya juga akan diikutsertakan pada  saat Race Expo di Grand Artos Hotel & Convention, Magelang  11–12 November . Selain itu, juga  saat pelaksanaan Borobudur Marathon 2022, 12-13 November.

Menurutnya, ke- 13 UMKM kuliner tersebut sebelumnya telah dikurasi chef hotel berbintang yang ada di kawasan Candi Borobudur.  Yakni, chef Yulianto Rossy dan chef Iqbal Batubara dari Plataran Borobudur Hotel & Resort serta chef Kabul Matrifai dari Villa Borobudur Resort.

“Sementara itu, mentor di bidang kriya yakniemilik Kaloka Pottery Fransisca Puspitasari, pemilik Mr. Pack Packaging Rio Setia Monata, dan pemilik Thirteen Craft Kornelius Mangundarson,” katanya.

Ia menambahkan, ke-13 UMKM kuliner  yang dihadirkan pada Festival Pasar Harmoni ini, merupakan UMKM kuliner  yang ada di 19 desa yang dilewati oleh para peserta Borobudur Marathon 2022. Sedangkan, sembilan UMKM kriya merupakan hasil kurasi yang sebelumnya direkomendasikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengapresiasi kegiatan Festival Pasar Harmoni, yang merupakan rangkaian dari Borobudur Marathon 2022.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kembali sektor perekonomian  pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Magelang,” kata Slamet Achmad Husein.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bisa mengangkat kuliner khas Magelang dan juga menciptakan inovasi baru kuliner tradisional  menjadi makanan  yang mempunyai nilai lebih.

Perlombaan lari Borobudur Marathon 2022 tersebut  akan dilaksanakan pada 12–13 November 2022 . Yakni,  untuk kategori Elite Race dan Bank Jateng Young Talent pada 12 November. Sedangkan  Bank Jateng Tilik Candi akan digelar  pada 13 November. W. Cahyono