blank
Ngobrol bareng Agus Sutisna (Ngobras) di Kartini Fm.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Dalam program dialog interaktif yang rutin diselenggarakan LPPL Radio Kartini Fm Jepara, dan dimoderatori oleh Kepala Bidang Komunikasi Muslichan, kali ini mengangkat tema “Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah”. Program dialog interaktif bernama Taman Sari Menyapa ini menghadirkan Dr. H. Agus Sutisna, M.H.

Anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Fraksi PPP ini menganalogikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan roh sebuah pembangunan. Penyatuan persepsi dan komitmen jadi poin penting untuk optimalisasi PAD. Harapannya kemajuan serta kemandirian Bumi Kartini bisa lebih cepat terwujud.

“Ruh dari sebuah pembangunan salah satunya adalah optimalisasi PAD. Daerah yang mampu mengoptimalkan pendapatan, maka itu yang akan bergerak pembangunannya dengan cepat,” ujar Agus, Sabtu (5/11/2022).

Lebih lanjut, Agus Sutisna juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung pemanfaatan teknologi untuk mengoptimalkan pendapatan. Seperti penempatan alat perekam data transaksi usaha atau tapping box di hotel dan restoran. Meski begitu, upaya ini perlu pula dibarengi dengan pengawasan berkala guna meminimalisir kecurangan. Misal, tak dipasang atau dalam kondisi rusak karena kesengajaan. “Rusak ini perlu dikaji karena disengaja atau sebab lain,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan yang juga hadr dalam dialog interaktif tersebut sebagai narasumber pendamping, mengatakan bahwa PAD merupakan pilar penting untuk APBD. Kreasi, inovasi, ditambah elaborasi menjadi kunci baik dari sisi intensifikasi maupun ekstensifikasi.

“Harapannya bisa meningkatkan ekonomi serta mengurangi ketergantungan fiskal dari pusat. “Karena orientasinya kembali untuk masyarakat”, ujar Arif Darmawan.

ua/kominfo