Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Kepala DPUPR Joni Hernawan meninjau salah satu ruas jalan yang dicor, Selasa 1/11.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau langsung lokasi jalan yang dilaporkan warg mengalami kerusakan, Selasa (1/11).

Ada tiga ruas jalan yang ditinju Bupati Arif Sugiyanto. Pertama ruas jalan Purwodeso Petanahan. Selanjutnya Jalan Jatisari-Kejayan dan ketiga Jalan Gentan-Miritpetikusan.

Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati menyampaikan beberapa catatan. Untuk jalan Purwodeso- Petanahan, beberapa ruas jalan ada yang sudah dicor beton. Namun masih banyak juga ruas jalan yang rusak. Pihaknya pun akan segera melakukan perbaikan.

“Ada beberapa aspal yang dikerjakan beberapa tahun lalu dan saat ini kondisinya sudah hancur, Insya Allah akan segera kita tangani tahun ini juga. Insya Allah dari Guyangan sampai Dendeles tahun ini sudah halus, sampai JJLS,”ujar Arif Sugiyanto di Jalan Gentan-Miritpetikusan, Selasa (1/11)

Menurut Bupati, untuk jalan Purwodeso Petanahan Pemkab juga telah mengusulkan agar jalan tersebut statusnya menjadi Jalan Provinsi. Mengingat jalan tersebut menghubungkan ruas jalan nasional dari Arah Gombong-Karanganyar ke arah jaringan jalan lintas selatan (JJLS).

“Kita sudah mengusulkan Jalan Purwodeso Petanahan agar menjadi Jalan Provinsi, karena menghubungkan dua jalan nasional dari Karanganyar ke JJLS. Kendaraan yang melewati jalan tersebut juga masuknya kendaraan berat. Namun sampai sekarang belum diakomodir,” terang Arif Sugiyanto.

Melibatkan Ahli Uji Lab

Kemudian untuk di Jalan Jatisari-Kejayan, Bupati akan melibatkan tim ahli guna melakukan uji lab tentang bahan material yang dipakai untuk pengecoran jalan. Sebab, Bupati mendapat laporan jalan yang dibangun pada 2017 tersebut tidak sesuai spesifikasi.

Terlihat bahwa jalan Jatisari-Kejayan kondisinya saat ini sudah retak-retak dan permukaannya melupas.”Permukaanya sudah cukup parah, retak dan melupas, nanti akan kita lab, kita akan pelajari lagi kontraknya. Apabila ada kerugian negara, pasti Bupati akan melaporkan ke penegak hukum. Ini berlaku semua,”terangnya.

Adapaun untuk di Jalan Gentan-Miritpetikusan, Bupati ingin memastikan apakah jalan tersebut ada yang rusak setelah belum lama ini dibangun. Seperti informasi yang sebelumnya diberitakan oleh media. Setelah dicek, kata Bupati, kondisinya masih mulus.

“Gambar yang ada di berita tersebut tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Mudah-mudahan ini menjadi koreksi saling mengingatkan agar bisa memberikan informasi yang benar. Mudah-mudahan ini bisa menjadi perbaikan kita bersama-sama,”terang Arif Sugiyanto didampingi Kepala DPR PU Joni Hernawan.

Bupati mengakui, Jalan Gentan-Miritpetikusan masih ada beberapa yang rusak. Masyarakat ada yang berinisiatif melakukan penambalan sendiri dengan semen. Pihaknya pun mengapresiasi kepedulian masyarakat.”Alhamdulillah itu kearifan lokal di sini, Insya Allah semua akan kita perbaiki,”jelasnya.

Komper Wardopo