blank
Sekda Jateng Sumarno (kiri), berfoto bersama penerima BK Award DPRD Jateng 2022 dari Fraksi PDIP dan Gerindra. Foto: dprdjateng

SOLO (SUARABARU.ID)- Sebanyak delapan anggota DPRD Jawa Tengah, menerima penghargaan Badan Kehormatan Award DPRD Jateng 2022. Mereka adalah Messy Widiastuti (PDIP), Fuad Hidayat (PKB), Sriyanto Saputro (Gerindra), Padmasari Mestikajati (Golkar), Agung Budi Margono (PKS), Ngainirichard (PPP), Muhammad Yunus (PAN), dan Kholik Idris (Demokrat).

Penganugerahan penghargaan itu berlangsung di Ballroom Alana Hotel and Convention Center, Kabupaten Karanganyar, Kamis (27/10/2022).

Hadir dalam acara ini Gubernur Jateng diwakili Sekda Sumarno, Kasdam IV/ Diponegoro Brigjen TNI Purwito, Irwasda Polda Jateng Kombespol Untung Sudarto, dan Kajati Jateng diwakili Kajari Surakarta DB Susanto, dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

BACA JUGA: BPBD Wonogiri: Mitigasi Bencana Menjadi Sebagian Langkah untuk PRB

BK Award merupakan program dari Badan Kehormatan DPRD Jateng. Dalam program ini, BK DPRD Jateng melalui Setwan, membentuk Tim Penilai yang khusus menilai kinerja dan prestasi para anggota DPRD Jateng, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kedewanannya.

Tim penilai dari beberapa tokoh, di antaranya pengamat publik, akademisi, praktisi media, aktivis perempuan, dan internal BK DPRD Jateng.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman mengatakan, BK Award sebagai pacuan bagi anggota dewan, untuk memotivasi diri dalam bekerja melayani masyarakat. BK sendiri menjadi bagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD), yang menjalankan fungsi menjaga marwah dan kredibilitas anggota dewan.

BACA JUGA: Rayakan Sumpah Pemuda dengan ‘Mendamaikan’ Gen Z dan Boomers

”BK adalah bagian dari AKD DPRD Jateng, yang menjalankan fungsinya menjaga marwah dan kredibilitas anggota dewan, agar bisa bekerja lebih baik dan penuh tanggung jawab,” kata Sukirman di sela acara.

Sementara itu, Ketua BK DPRD Provinsi Jateng, Stephanus Sukirno, menyampaikan, penghargaan ini diharapkan bisa memacu semangat para anggota lainnya, untuk bekerja lebih baik lagi.

”Penghargaan ini diberikan pada anggota dewan yang telah berkerja dengan baik, dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Penilaian dilakukan dengan melibatkan anggota BK, dan sejumlah elemen masyarakat, praktisi media hingga akademisi,” jelas dia.

BACA JUGA: Jasad TKI Singapura Dibungkus Tas Laundry, Kapolres: Pelaku akan Diburu

Sedangkan Sekda Sumarno, menyatakan, BK Award menjadi bentuk apresiasi sebuah kerja sama antara DPRD dan eksekutif.

”BK Award ini menjadi sebuah bentuk kerja sama yang terjalin baik antara DPRD dengan eksekutif, untuk membangun Jateng lebih baik lagi secara bersama-sama,” tukasnya.

Riyan