blank
Personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri (berdiri), tampil menjadi nara sumber dalam acara sosialisasi mitigasi bencana di Balai Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, mendukung fasilitasi sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi mitigasi bencana. Sosialisasi digelar di Balai Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Menurut Undang-Undang (UU) Nomor: 24 Tahun 2007, mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan Jumat siang (28/10). ”Kami dari BPBD Wonogiri memfasilitasi sebagai narasumber kegiatan sosialisasi dengan materi Peran Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana,” jelasnya.

Acara sosialisasi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kelurahan Giripurwo. Diikuti 80 peserta, terdiri atas para Ketua dan Pengurus Rukun Tetangga (RT), pengurus Rukun Warga (RW), perwakilan tokoh dari Karang Taruna dan dari pengurus PKK Kelurahan Giripurwo.

Ikut hadir Camat dan Sekretaris Camat (Sekcam) Wonogiri Kota, personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Lurah Giripurwo beserta Aparat Pemerintah Kelurahan Giripurwo.

Materi kegiatan yang disampaikan dalam acara itu adalah tentang mitigasi bencana menjadi sebagian langkah Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Juga materi tentang peran masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Bambang Pur