blank
BEREBUT - Ribuan Penonton tanpa tiket saling berebut saat diizinkan masuk (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ribuan penonton yang tidak memiliki tiket saat berlangsungnya konser kelompok musik cadas Slank, Gigi dan Ghae Yoube di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jawa Tengah, pada Sabtu (15/10/2022) sore berjubel nyaris ricuh.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rachmad Hidayat bahkan terlihat terkena lemparan botol minuman mineral berisi air dari arah belakang saat berusaha menenangkan ribuan penonton yang tidak memiliki tiket.

Suasana memanas saat hujan semakin reda kelompok musik Slank yang tampil hanya empat personil Kaka (vokal), Ridho (gitar), Ivanka (bas) dan Bimbim (drum) tanpa kehadiran Abdee mulai menyapa penonton dengan beberapa lagu berjalan.

Kelompok penonton berulah dengan dengan berbagai provokasi berhasil diredam beberapa kali oleh petugas keamanan. Bahkan bambu umbul diganti dengan bendera Slank sengaja dikibarkan menjadi perhatian massa.

Sekira lima lagu berjalan kelompok musik Slank menyapa penonton. Sementara penonton diluar yang tidak memiliki tiket sudah gelisah ingin masuk. Puluhan penontonpun berusaha masuk dengan naik tembok setinggi dua meter lolos.

Semakin sore, penonton di luar semakin beringas. Bau alkohol menyengat di antara beberapa penonton yang terlihat gelisah mondar-mandir ingin masuk dengan gratis.

Sekira pukul 17.15 WIB, Kapolres Tegal Kota, AKBP Rachmad Hidayat menginstruksikan pintu agar segera dibuka dan penonton yang tidak memiliki tiket bisa masuk menyaksikan penampilan kelompok musik idamannya. “Pintu kita buka, silakan kalian masuk dengan tertib, tidak saling dorong,” teriak Kapolres.

Mendengar tawaran Kapolres, ribuan penonton spontan berdesakan saling berebut masuk pintu PAI. Ribuan penonton tanpa tiket merangsek depan panggung berhasil menikmati penampilan artis idolanya meski hanya dua lagu.

Akibat hujan turun sejak siang, konserpun diundur jam mulainya. Penyanyi Ghae Yoube mengawali dengan beberapa lagu. Disusul penampilan kelompok musik Gigi, Arman Maulana dan kawan-kawan berusaha menyapa penonton di depan panggung rigging yang masih lengang di bawah turunnya hujan.

Selanjutnya kelompok Slank yang tampil hanya empat personil menyapa dengan lagu I Miss You but I Hate You sebagai pembuka. Dan ditutup dengan lagu Kamu Harus Pulang.

Konser bertajuk Tegal Festival 2022 Volume 1 dengan menerjunkan 500 personel keamanan secara keseluruhan berjalan lancar dan aman.

Sutrisno