blank
Siti Atikoh memeluk Ganjar, usai sang suami mampu masuk garis finish dengan catatan waktu 2 jam 30 menit. Foto: humas

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta istri Siti Atikoh, mengikuti UGM International Trail Run 2022, di Wanagama, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (16/10/2022). Keduanya turun dalam kategori 14K, dan berhasil mencapai finish.

”Kita Trail Run di Wanagama, Wonosari, Gunungkidul. Ini sudah 4,5 km. Heart rate-nya sudah 165. Tenyata mengkis-mengkis. Oke, kita lari lagi,” kata Ganjar, sembari berlari menikmati keasrian Wanagama.

Start pada pukul 06.30 WIB, Ganjar bersama Siti Atikoh langsung melaju bersama ratusan peserta kategori 14K. Awalnya Ganjar dan Siti Atikoh berlari berdampingan, sebelum keduanya terpisah jarak pada kilometer 2. Ganjar finish pukul 09.04 WIB, atau dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit.

BACA JUGA: Mendes PDTT Meresmikan Objek Wisata Watu Lakar Pacitan

Trail Run tahun ini merupakan keikutsertaan Ganjar yang kesekian kalinya. Pada even sebelumnya, Gubernur Jateng yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kagama itu, mengikuti kategori 7K. Untuk tahun ini dia naik kelas, dengan mengikuti kategori 14K.

”Tahun ini kita ambil jarak yang lebih panjang. Luar biasa, cuacanya bagus dan runner-nya sangat bersemangat. Tadi saling memberi motivasi. Ternyata megap-megap, rambutku saja sampai pucat,” ujarnya bercanda.

Saat sampai di finish, Ganjar sudah ditunggu Siti Atikoh yang finish jauh di depan Ganjar. Selain Atikoh, Ganjar juga disambut sejumlah ibu-ibu yang juga mengikuti kategori 14K. Siti Atikoh sendiri finish dengan catatan waktu yang cukup baik. Dia mendapat Juara III Master Female, dengan waktu tempuh 2 jam 8 menit 39 detik.

BACA JUGA: Ngaji Perkumpulan Nahdlatul Ulama Perkuat Wawasan Pengurus Jamiyah NU

Disinggung mengenai rute UGM International Train Run 2022 ini, Ganjar mengaku semua rute menantang. Beberapa rute agak licin, karena sebelumnya sempat turun hujan. Menurut Ganjar, itulah keseruan dari trail run kali ini.

”Tapi itulah, kita merasakan betul-betul suasananya trail, jadi kita betul-betul nge-trail di sana. Atmosfernya luar biasa, semuanya senang,” ungkap Ganjar.

Sebenarnya Ganjar menantikan rute melintasi sungai. Rute itu pada gelaran sebelumnya selalu memberikan tantangan tersendiri bagi para runner. Namun rute lain melintasi kebun dan jalan menanjak, juga tidak kalah menantang.

”Tadi sebenarnya saya menunggu jalur lama yang nyebrang sungai. Sebab kalau nyebrang sungai itu jauh lebih menarik, tapi karena airnya agak tinggi jadi batal. Jadi hampir semuanya menantang, sempat masuk ke kebun-kebun dan hutan-hutan, jadi menarik sekali,” pujinya.

Riyan