blank
Plt RSO Surakarta Dr dr Pamudji Utomo SpOT (K) sedang menjelaskan fungsi Boxpod salah satu peralatan yang ada di Sport Clinic rumah sakit setempat. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) –  Rumah Sakit Ortopedi  (RSO) Surakarta kini memiliki Sport Clinic. Diharapkan lembaga penanganan cidera olahraga yang ada bisa memberikan jangkauan pelayanan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur bahkan Indonesia Tengah dan Timur.

Dikatakan demikian, karena sport clinic dilengkapi peralatan boxpod yang di Indonesia hanya ada tiga unit. “Untuk teman teman yang menggeluti olahraga, pendirian klinik merupakan salah satu yang bisa disumbangkan RSO.

Penanganan di sport clinic bukan hanya yang sudah menerita cidera, tetapi bisa mulai dari awal,” kata Plt Direktur Utama RSO Surakarta Dr dr Pamudji Utomo SpOT(K)  usai meresmikan Sport Clinic setempat, baru-baru ini.

Penanganan cidera olahraga, lanjut Dr dr Pamudji Utomo, sebenarnya sudah lama dilakukan di RSO. Hanya saja, penangananya masih menjadi satu dengan  poli umum di rumah sakit setempat.

Karena jumlah pasiennya dari waktu ke waktu semakin meningkat, diputuskan  penanganan cidera olahraga ditangani oleh Sport Clinic.

Meski namanya sport clinic namun pasiennya bisa saja bukan dari kalangan olahragawan, tetapi masyarakat umum yang cidera oleh sebab lain.

Peralatan Lengkap

Diakui, peralatan yang dimiliki cukup lengkap dan bahkan ada peralatan  yang jumlahnya ada tiga di Indonesia. Peralatan dimaksud yakni boxpod sedangkan kegunaannya atau pun fungsinya  untuk mengetahui komposisi tubuh di antaranya menyangkut kekuatan otot, kandungan lemak dan air dalam tubuh.