blank
Memperingati Hari Batik, komunitas sepeda di Kota Magelang kelilimg kota menmgenakan baju bati, (Dok Magelang Bike)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Batik 2 Oktober 2022, Magelang Bike yang anggotanya dari berbagai komunitas sepeda di Kota Magelang, melakukan kegiatan bersepeda bersama dengan mengenakan baju batik. Temanya, ‘Yang terBIKE yang berBATIK’.

Start dari Tugu Aniem pukul 06.30, puluhan pesepeda itu menyusuri Jalan Pemuda – Ikhlas – Tidar – Tentara Pelajar – Aloon-aloon Barat – Yos sudarso – Pahlawan – Jalan Kapten Supratman dan finish di Gelora Sanden.

Yoga, koordinator kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta Tanah Air dengan mencintai batik, sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sesuai ketetapan UNESCO tahun 2009.

Sekaligus mengenalkan kalau batik bisa dipakai untuk semua kegiatan. Tidak hanya untuk bekerja di kantor, acara resepsi, bertamu dan sebagainya. Dipakai pergi naik sepeda juga bisa. Karena itu mereka memakainya dengan keliling kota.

blank
Foto bersama di Tugu Aniem, (Dok Magelang Bike)

Lebih menyenangkan lagi, lanjut Yoga, sesampainya di lokasi finish di Gelora Sanden para penggemar sepeda diajari teknik membatik. Juga menyaksikan fashion show yang digelar UMKM Batik Magelang. Antara lain Iwing Batik Kebonpolo yg telah produksi motif batik magelangan.

Afrel, salah satu peserta mengaku senang bisa belajar membatik, serta ikut keliling kota naik sepeda mengenakan baju batik.

Yoga menambahkan, komunitas yang turut serta dalam kegiatan itu antara lain Minion Magelang, Magelang Female Cyclist, Federal Magelang, Fixie Magelang dan Sepeda Lipat Magelang.

Dia berharap, peserta dan warga yg melihat aksi Magelang Bike ini bisa semakin meningkat kecintaannya kepada batik.

Doddy Ardjono