blank
Ketua Pengprov PRSI Jateng Hartadi, bersama Ketua KONI Jepara Samsul Anwar, saat meninjau venue kolam renang, bersama Wakil Ketua Umum II Soedjatmiko, di Jepara. Foto: riyan

PATI (SUARABARU.ID)- Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana, mengatakan, tekad dan semangat enam Bupati dan Ketua KONI di wilayah Pati Raya untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023, sangat tinggi.

Disebutkan Bona, mereka berusaha seoptimal mungkin untuk bisa menggelar even olahraga empat tahunan itu, dan menyambut tamu-tamunya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng.

Dalam peninjauannya di enam wilayah Pati Raya sejak Jumat-Minggu (30/9/2022-2/10/2022) itu, enam kepala daerah menyambut langsung, dan memberi paparan tentang kesiapan wilayahnya.

BACA JUGA: Laga PSIS Lawan Bhayangkara FC Belum Diketahui Jadwal Lanjutannya

Diawali dari Plt Bupati Jepara, Edy Supriyanta, yang menyebut daerahnya siap menggelar Porprov. ”Seluruh cabang olahraga yang sudah dijadwalkan di Jepara, kami siap. Jika ada venue yang belum siap, kami segera menyelesaikan pada waktunya,” janji Bupati Edy.

Sebelumnya sempat dikabarkan, ada satu venue yang secara teknis bermasalah di Jepara, yakni kolam renang. Namun hal itu bagi Ketua KONI Jepara, Samsul Anwar, hal itu akan segera diselesaikan.

Kudus yang memiliki kompleks olahraga di Wergu Wetan, juga tak kalah siapnya. Plt Bupati Hartopo, menjamin pelaksanaan Porprov di daerahnya akan berjalan lancar dan sukses.

BACA JUGA: Almarhum KH Muhammad Dian Nafi’ Sosok Moderat dan Dekat dengan Kaum Intelektual

”Tinggal renovasi atau penyempurnaan saja. Seperti arena balap motor,” kata Ketua KONI Kudus, Imam Triyanto, dalam paparannya.

Pati yang bakal dijadikan sentral acara, dengan akan diadakannya upacara pembukaan, juga terlihat sangat siap. Rencana kerja mereka sudah dituangkan dalam bentuk buku kecil, sehingga sangat meyakinkan dalam paparannya.

Ketua KONI Pati, Mustamaji menyatakan, pihaknya akan membuat upacara pembukaan yang berlangsung megah dan meriah. Hal itu juga didukung Plt Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro.

BACA JUGA: Tari Soreng “Cingan”, Cara Bidan Kampanyekan Gerakan Cuci Tangan

”Stadion Joyonegoro sudah siap untuk menggelar upacara pembukaan. Tetapi sementara ini masih dipakai Persipa (Pati), untuk menggelar kompetisi Liga 2,” jelas Mustamaji.

Sementara itu, Kabupaten Blora dengan fasilitas olahraga di antaranya GOR Mustika, dan venue lain milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Cepu, juga terlihat sangat siap.

Bupati Arief Rohman dan Ketua KONI Blora Heri Sutiono, menggaransi penyelenggaraan Porprov 2023 di Blora akan berlangsung sukses. ”Blora siap sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan,” tegas Arief Rohman.

BACA JUGA: Batik Specta Nusantara Jadi Momentum Hendi Tingkatkan Belanja Produk Indonesia

Sedangkan Kabupaten Grobogan, juga sangat antusias menggelar even olahraga ini. Meskipun Bupati Sri Sumarni berhalangan hadir, namun Ketua KONI Fathurrahman bersama Wakil Bupati Bambang Pujiyanto, mampu memaparkan kesiapannya dengan sangat baik.

Hal ini dibuktikan dengan spanduk sambutan di Ruang Serbaguna Pendapa Kabupaten Grobogan. ”Grobogan bukan hanya siapkan venue, tetapi juga hotel bagi tempat istirahat atlet,” kata wakil bupati.

Kabupaten Rembang dengan segala keterbatasannya, juga tidak kalah siap dari daerah lain. Dari enam cabang olahraga yang akan digelar di sana, semua venue masih dalam proses, dan belum selesai.

BACA JUGA: Tiga Hari Tinggalkan Rumah, Seorang Pemuda Ditemukan Tewas Gantung Diri

Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang didampingi Ketua KONI Vivit Dina Rini Atnasari menyebut, prioritas daerahnya saat ini adalah pengentasan kemiskinan.

”Namun kami tetap siap untuk menggelar Porprov. Jangan ada pertandingan yang dipindah ke kabupaten lain,” pinta bupati.

Riyan