blank
Ketum PP Kagama, Ganjar Pranowo (kiri), melantik Pengurus Cabang Kagama Wilayah Sumatera Utara, Masa Bakti 2022-2027. Foto: humas

MEDAN (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melantik Pengurus Cabang Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), di Wilayah Sumatera Utara, Masa Bakti 2022-2027. Ganjar minta, Kagama dapat berkontribusi nyata bagi daerah.

Kali ini ada empat Pengurus Cabang Kagama yang dilantik. Di antaranya, Pengurus Cabang Kagama Simosir, Toba, Pematang Siantar dan Simalungun.

”Ini ada beberapa Pengurus Cabang Kagama Sumatera Utara, dan ini ada empat yang sudah kita lantik, serta satu lagi besok di Nias,” ujar Ganjar, yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, di Medan Club, Sabtu (24/9/2022).

BACA JUGA: Nur Aisah, Wisudawan Terbaik Kelas Pagi Fakultas Hukum USM, Simak Perjuangannya

Keberadaan Kagama, lanjutnya, diharapkan bisa membantu dalam pembangunan di masing-masing daerahnya.

”Banyak cerita yang bisa dibagi. Ada pengalaman, ada akses, ada pengetahuan yang kita harapkan teman-teman Kagama dimanapun berada, mereka bisa berkontribusi,” terangnya.

Orang nomor satu di Jateng itu menceritakan kisah-kisah inspiratif, yang dilakukan Kagama di daerah-daerah. Salah satunya di Tangerang, yang membantu narapidana untuk lebih produktif, dan bisa kembali ke masyarakat dengan baik.

BACA JUGA: Metode Silaba Mudahkan Mengajar Menulis Permulaan

”Ada yang dulu punya inspirasi mengurus peternakan kambing, sapi, dan ada UMKM. Kemarin di Tangerang membantu para narapidana jauh lebih produktif, dan bisa kembali ke masyarakat. Ada juga deradikalisasi dengan kegiatan olahraga dan kesenian,” imbuh dia.

Ganjar menilai, Pengurus Kagama di Sumatera Utara memiliki pengalaman dan kompetensi yang dibutuhkan, untuk turut serta membangun daerahnya.

”Saya kira di Sumatera Utara banyak sekali pengalaman yang mereka punya, dan jejaring yang mereka miliki. Mudah-mudahan pengurus Kagama mengabdikan itu di tengah kondisi yang sulit,” terang dia.

BACA JUGA: Inilah Nasihat dan Ijazah Sanad Syekh Yasir Bin Salim kepada Santri PPFF

Diharapkan juga, mereka bisa membantu kerja-kerja praksis di tengah masyarakat, seperti solusi UKM, menghadapi situasi BBM yang naik. Mudah-mudahan kawan Kagama bisa berkontribusi,” pinta Ganjar.

Baginya, Kagama sudah menjadi organisasi yang solid. Sejauh ini, mereka saling menjaga kekompakan dan intens berkomunikasi.

”Tapi saya suka kekompakannya yang selalu ada, komunikasinya selalu intens. Sehingga semua yang terkait dengan organisasi Kagama, bisa dikomunikasikan,” tuturnya.

BACA JUGA: Prio Nugroho, Wisudawan Terbaik Kelas Sore Fakultas Hukum USM

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Kagama Sumatera Utara, RM Mulianta Sitepu menambahkan, pihaknya telah memasilitasi pengurus cabang, sehingga resmi dilantik.

”Mari kita kuatkan panji-panji sebagai alumni Kagama. Pengurus Pusat telah memberikan waktu untuk kita, dan kini saatnya kita membayar hutang itu,” tandasnya.

Riyan