blank
Para mahasiswa baru Prodi DKV FSRD-ISI Surakarta Angkatan Tahun 2022, tengah menjalani tugas secara berkelompok dalam mengikuti LKTD.(Dok. Prodi DKV ISI Surakarta)

SOLO (SUARBARU.ID) – Beragam aktivitas yang penuh ide dan kreativitas, digelar dalam menyambut mahasiswa baru di Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Dosen ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, semalam, menyatakan, kepada para mahasiswa baru Prodi DKV FSRD-ISI Surakarta Angkatan Tahun 2022, selama tiga hari mengikuti penyelenggaraan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD).

Materi kegiatan LKTD antara lain berkarya bersama membuat media spanduk berukuran 1 x 1,5 Meter (M) dari kain mori. Temanya seputar warung pecel lele. Tugas ini dikerjakan secara kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 10 -11 mahasiswa.

Media yang digunakan antara lain cat tembok, cat akrilik, kuas, pensil dan spidol menjadi. ”Ini sekaligus sebagai ajang untuk menuangkan ide dan gagasan kreatif mereka,” jelas Basnendar.

Beragam rangkaian kegiatan lain, juga dilakukan seperti pengenalan HIMA (Himpunan Mahasiswa), sesi sharing seputar berpikir ilmiah dalam kehidupan kampus, pengalaman merancang sebuah karya desain, bikin spanduk kreatif secara tim.

Warung Pecel Lele

Panitia juga menggelar acara hiburan penyambutan mereka sebagai mahasiswa baru, sebelum resmi menjadi keluarga besar Prodi DKV FSRD-ISI Surakarta.

Dosen Pembimbing HIMA, Ipung Kurniawan Yunianto, menjelaskan, melalui kegiatan LKTD DKV 2022 dikemas dalam tajuk unik, yakni WARUNG PECEL LELE. Yang kepanjangannya adalah Wadah Runding Pembuka Celah Lepas Letih. ”Ini sengaja dipilih, untuk mengemas agar menjadi lebih santai dan tidak terkesan perpeloncoan,” tandasnya.

Tujuannya, untuk lebih membuka wawasan baru dalam menjalani perkuliahan dan aktif dalam beraktivitas di organisasi, dengan lokasi seputar Gedung V Jurusan Desain dan Perpustakaan, Kampus Mojosongo FSRD-ISI Surakarta.

Ketua pelaksana, Cornelius Bryan Indriantara, menyebutkan, dalam kegiatan itu terdapat materi yang disampaikan oleh internal dosen dan dari mahasiswa dari DKV-ISI Surakarta. Selain itu, terdapat kegiatan menarik lain, seperti membuat banner, doodle art, pameran, inagurasi serta band.

Nola Ardelia Vorna Cilla dari Sie Humas, menyatakan, kegiatan kreatif ini digelar oleh Angkatan 2021. Bertujuan untuk mengenalkan kegiatan perkuliahan di Prodi DKV kepada mahasiswa baru Angkatan 2022 yang berjumlah 74 orang.

Bambang Pur