blank
Para Ketua KONI Pati Raya dan Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, serta jajaran pengurus, melakukan foto bersama seusai rapat koordinasi di Kantor KONI Jateng, Kamis (15/9/2022). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana, mendengar langsung pernyataan kesiapan lima Ketua KONI Pati Raya, dalam menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023, yang dijadwalkan akan berlangsung 9-15 September 2023.

Pernyataan kesiapan itu muncul dalam rapat koordinasi KONI Jateng dengan calon tuan rumah pesta olahraga empat tahunan itu, di Kantor KONI Jateng, Kamis (15/9/2022).

Hadir dalam rapat itu, lima Ketua KONI, yakni Mustamaji (Ketua KONI Pati), Imam Triyanto (Kudus), Fatchurrahman (Grobogan), Syamsul Anwar (Jepara), Herry Setiyono (Blora) dan Harry Masahir (Bidang Perencanaan dan Program KONI Rembang). Mereka juga didampingi Kadispora atau staf seperti Kadispra Pati Rekso Haryono.

BACA JUGA: Jadi Kurir Ekstasi, Seorang Tukang Ojek Dibekuk Polisi

Mendampingi Bona dalam pertemuan itu di antaranya, Wakil Ketua Umum I, II dan V Bambang Raharji Munajat, Soedjatmiko dan Sudarsono, serta Sekum Ade Oesman, Kabid Hukum Ali Purnomo, Kabid Pulahta MF Bagus Saputra, Kabid Litbang Mugiyo Hartono dan Kabid Media-Humas Darjo Soyat.

Meskipun tanggal pelaksanaan Porprov 2023 belum diumumkan secara resmi, tetapi enam kabupaten di wilayah Eks Karesidenan Pati ini, memang sangat antusias. Maka mereka langsung mengadakan koordinasi di antara para ketua KONI, setelah mengetahui persetujuan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan dari pemberitaan media massa.

”Kami langsung berkoordinasi dengan sesama Ketua KONI di Pati Raya. Meskipun belum resmi, persetujuan Gubernur bisa menjadi pegangan dalam melangkah,” kata Ketua KONI Pati Mustamaji.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Pecat Non ASN yang Terlibat Tindak Asusila

Di hadapan pengurus KONI dan peserta rapat, Mustamaji menyebut, Pati sudah sangat siap menggelar Porprov. Hal itu dibuktikan, dengan penyiapan venue serta hotel penginapan atlet dan ofisial.

”Secara umum, venue di Pati sudah siap. Jika ada kekurangan, terus kami lakukan pembenahan dalam waktu kurang dari setahun ini,” tegasnya.

Sementara Kadispora Pati, Rekso Haryono menambahkan, Pemkab Pati sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11 miliar, untuk pelaksanaan even ini. Pihaknya masih berharap ada tambahan anggaran, pada tahun 2023 nanti.

BACA JUGA: Warga Semarang Wajib Tahu! Ditjen AHU Hadir Beri Pelayanan Publik dalam Festival Kota Lama

Dalam even ini, Kabupaten Pati akan menjadi sentral dari lima daerah lainnya. Di sana akan dilakukan upacara pembukaan, yakni di Stadion Joyokusumo. Mereka pun menggelar cabang olahraga paling banyak, yakni 12 dari 57 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Blora yang mendapat jatah 10 cabang olahraga dan satu disiplin, juga tidak kalah serius dari Pati. Ketua KONI Blora, Heri Setiyono menyebut, semua venue yang terletak di Kota Blora dan Cepu, sudah siap. Pihaknya mengaku mendapat anggaran Rp 12,5 miliar.

Sedangkan Ketua KONI Kudus Imam Triyanto, KONI Jepara Syamsul Anwar dan Ketua KONI Grobogan Fatchurrahman, serta Kabid Perencanaan dan Program KONI Rembang Harry Masahir pun, mengaku daerahnya siap menggelar Porprov.

BACA JUGA: Hendi Cek Proses Penyelesaian Jalan Tembus Jangli – Undip dan Sriwijaya

Di wilayah Kabupaten Kudus sendiri, akan digelar sembilan cabor, Grobogan (7), Jepara (10) dan Rembang (4). Di luar itu ada tiga cabor yang dimainkan di luar tuan rumah, seperti balap sepeda, golf dan arung jeram.

Tentang saran dari Gubernur soal upacara pembukaan yang meriah, Mustamaji juga menyampaikan, pihaknya siap untuk melakukannya secara maksimal. Karena itu, KONI Pati sudah beberapa kali melakukan studi banding, maupun melihat langsung pelaksanaan Porprov di Jatim dan Porda DIY di Sleman.

”Kami juga berguru kepada KONI Surakarta, yang saat itu menjadi tuan rumah Porprov 2018,” ungkapnya.

BACA JUGA: Anggota DPRD Kudus Diajak Potong Gaji Bantu Warga Terdampak Harga BBM

Di kesempatan itu, Bona juga mengingatkan, KONI akan menggelar Rapat Kerja (Raker) di Hotel Grand Candi, Semarang, pada Senin-Selasa (19-20/9/2022). Seluruh KONI Kota/Kabupaten (34 utusan), enam badan fungsional serta 76 cabor akan hadir dan mewakili dalam raker.

Pokok bahasan dalam raker itu di antaranya, penetapan tanggal pelaksanaan Porprov melalui surat keputusan, mutasi atlet, peraturan penjaringan calon Ketua KONI kabupaten/kota maupun provinsi, pengesahan calon anggota KONI dan penawaran calon tuan rumah Porprov 2027.

Riyan