blank
Ilustrasi kucing. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing merupakan hewan yang menggemaskan dan sangat ramah terhadap manusia maka dari itu tak heran jika seekor kucing menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan hewan peliharaan, akan tetapi dalam merawat kucing juga tidak semudah yang dipikirkan.

Dilansir dari Suara.com, terutama bagi pemula banyak hal yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan hewan itu sendiri.

Jika kamu seorang pemula maka tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat kucing bagi kamu yang masih pemula.

Baca Juga: Lima Tips Menghilangkan Uban Yang Tumbuh di Usia Muda Menggunakan Bahan Alami

1. Pergilah ke dokter hewan untuk melakukan cek kesehatan pertama

Untuk mengetahui kesehatan kucing untuk pertama kalinya kamu bisa pergi ke dokter hewan dari situlah kita akan mengetahui bahwa kucing yang kita adopsi adalah kucing yang sehat atau butuh pengobatan karena sakit, hal ini harus kita waspadai untuk menghindari tertularnya virus antara satu kucing dengan kucing yang lainnya dan untuk kesehatan kucing itu sendiri.

2. Berikan makanan yang sehat

Pilihlah makanan yang tepat sesuai dengan kucingmu baik secara umur atau jenis rasnya, karena makanan sangat memiliki dampak bagi pertumbuhan serta kesehatan kucing sendiri tidak hanya itu perhatikan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh kucing seperti nasi putih karena kadar gluten yang menyebabkan obesitas tak hanya nasi putih banyak sekali makanan yang tidak boleh diberikan maka dari itu pilihlah makanan yang tepat dan jangan sembarangan.

3. Siapkan tempat makan, minum dan kotak pasir

Dalam memilih tempat makan kucing, pilih tempat makan dan minum yang mudah dibersihkan, tempat makan dan minum seperti mangkok stainless dapat menjadi pilihan yang tepat karena tidak menyerap bau cara membersihkannya pun juga cukup mudah, selain tempat makan dan minum gunakan kotak pasir untuk buang air pada kucing, jangan lupa bersihkan secara teratur.

Baca Juga: Lima Tips Merawat Rambut Kering

4. Lakukan vaksinasi

Agar terhindar dari penyakit lakukanlah vaksinasi pada kucing mu, virus biasanya dapat menular secara cepat, apalagi jika kucingmu suka bermain diluar rumah, maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Kamu bisa memberikan vaksin dengan mengunjungi dokter hewan agar takaran dan vaksin yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kucingmu.

5. Pahamilah sifat kucingmu

Setiap kucing memiliki karakter yang berbeda-beda,untuk kamu yang pertama dalam memelihara kucing ketahuilah bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki naluri yang kuat, ia juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi pada lingkungan, setiap kucing juga memilki karakter yang berbeda contohnya ialah kucing yang mudah gelisah maka kamu harus menyiapkan tempat persembunyian untuknya, kucing yang extraverted atau ingin tahu kucing ini memiliki energi yang cukup besar dan mudah bosan maka dari itu kamu harus menyediakan mainan yang tidak membuatnya bosan.

Nah itu tadi adalah 5 hal yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin memelihara kucing ya.

Claudia