blank
ilustrasi rambut kering. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memiliki rambut kering sering kali membuat sebagian orang tidak percaya diri. Hal ini karena rambut kering susah untuk ditata dan mudah rontok yang menyebabkan penampilan tidak maksimal. Cara merawat rambut kering pun cukup berbeda dengan rambut normal.

Dilansir dari Suara.com, Rambut kering sendiri disebabkan karena berbagai macam hal seperti terkena paparan sinar matahari, terlalu sering mencuci rambut, masalah kesehatan, hingga keadaan lingkungan.

Meski rambut kering bukan berarti mengalami masalah kesehatan namun Anda bisa melakukan beberapa macam perawatan yang dapat menunjang penampilan.

Berikut ini beberapa cara merawat rambut kering yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Hindari mencuci rambut setiap hari

Kebiasaan mencuci rambut atau keramas setiap hari ini bisa menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang terkandung dalam rambut, sehingga rambut kering dan mudah rapuh.

Sebaiknya Anda hanya mencuci rambut 2-3 kali setiap satu minggu untuk menjaga rambut tetap dalam keadaan lembap dan mempertahankan minyak alaminya.

2. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki efek melembapkan jika dioleskan ke rambut. Anda dapat menggunakan minyak kelapa dalam bentuk masker. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa ke area rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Setelah itu tutup dengan handuk hangat, tunggu selama beberapa saat dan kemudian di bilas.

3. Menggunakan kondisioner

Anda disarankan untuk menggunakan kondisioner apabila rambut terasa kering dan mudah rontok. Dikutip dari WebMD, kondisioner dapat menjaga kutikula rambut agar tetap rata sehingga dapat menahan minyak alami.

4. Mengonsumsi Omega-3 dan Antioksidan

Dilansir dari Healthline, protein dapat menjaga rambut agar tetap lebih bersinar. Anda disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dan omega-3. Makanan tersebut tersedia pada beberapa jenis ikan seperti ikan kembung, ikan sarden, tuna, salmon dan beberapa ikan laut lainnya.

5. Menggunakan topi saat berada di bawah terik sinar matahari

Anda dapat mengenakan topi saat berada di luar rumah atau di bawah terik sinar matahari. Menggunakan topi ini dapat melindungi rambut dari sinar ultarviolet yang dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Itulah ulasan singkat tentang cara merawat rambut kering secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda.

Claudia