blank
Ilustrasi penggunaan henna pada tangan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Henna menjadi hiasan yang sering digunakan para wanita dalam sebuah acara, seperti pernikahan. Penggunaan henna biasa dibuat dengan bentuk berbagai gambar dan ukiran yang indah.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (8/09/2022), karena mirip tato, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara menghilangkan Henna.

Apalagi warna henna yang merah dan tajam membuatnya membutuhkan waktu untuk membersihkannya. Sehingga sulit dan mesti mencari tahu cara menghilangkan henna.

Baca Juga: Lima Tips Merawat Rambut Kering

Bahkan, beberapa orang harus menggunakan sikat sebagai cara menghilangkan henna. Padahal, hal tersebut justru membuat kulit menjadi terluka dan iritasi.

Dilansir dari laman Medical News Today, berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cara menghilangkan henna.

1. Dengan sabun dan air hangat

Salah satu cara menghilangkan henna dengan mudah yaitu dengan menggunakan sabun dan air hangat. Dengan sabun dan air hangat dapat membantu menghilangkan pigmen tato pada henna. Meski demikian cara satu ini tidak membuat henna hilang secara instan. Dibutuhkan pencucian beberapa kali agar henna yang ada pada kulit menghilang.

Baca Juga: 4 Tips Agar Cewek Tertarik Sama Kamu

2. Minyak bayi (baby oil)

Rupanya penggunaan minyak bayi dapat membantu menghilangkan henna pada kulit. Cara menghilangkan henna dengan minyak bayi yaitu dengan menuangkan sekitar tiga botol ke dalam bak mandi air hangat.

Setelah itu, seseorang dapat berendam dengan air hangat yang telah dituangkan minyak bayi. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan kapas yang dituangkan minyak bayi. Setelah itu, mengusap kapas tersebut pada hena di kulit.

3. Lemon

Cara menghilangkan henna lainnya yaitu dengan menggunakan jus lemon. Seperti yang diketahui, lemon mengandung zat pencerah kulit alami. Hal tersebut dapat membantu untuk menghilangkan noda, termasuk tato henna yang menempel di kulit.

Baca Juga: Lima Tips Mengusir Semut Menggunakan Bahan Alami

Penggunaan lemon ini yaitu dengan menggosokkan buah ke bagian kulit selama 2-4 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Namun, kondisi ini harus diwaspadai pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Hal ini karena kulit sensitif dapat membuat iritasi.

4. Scrub kulit

Salah satu cara menghilangkan henna yaitu dapat menggunakan scrub kulit. Hal ini karena scrub dapat membantu pengelupasan kulit lebih cepat. Dengan begitu, penggunaan scrub dapat ampuh menghilangkan henna.

Cara penggunaannya yaitu dengan merendam bagian tubuh yang diberi henna. Setelah itu, gunakan scrub lalu gosok hingga kulit mengelupas. Hal ini akan membantu henna menghilang lebih cepat.

Baca juga: Tips Mencuci Muka agar Bersih Terhindar dari Jerawat

5. Mencukur

Cara lain untuk menghilangkan henna yaitu dengan mencukur. Seseorang dapat menggunakan krim lalu bersihkan dengan pisau cukur. Meski demikian, penting untuk menggunakan pelembab agar kulit terhindar dari iritasi akibat pisau cukur.

6. Soda Kue

Rupanya, soda kue dapat menjadi salah satu cara menghilangkan henna pada kulit. Soda kue dapat digunakan sebagai eksfoliator yang berguna menghilangkan noda. Penggunaan soda kue ini biasanya dipadukan dengan lemon.

Gabungan soda kue dan lemon lalu dioleskan pada bagian kulit yang diberi hena. Setelah menunggu 10 menit, bilas dengan air hangat. Sebab menggunakan lemon, penting memberikan pelembab setelahnya untuk mencegah iritasi kulit.

7. Micellar water

Tidak hanya riasan wajah, rupanya penggunaan micellar water juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan henna. Micellar water mengandung partikel khusus yang mampu membersihkan kulit, riasan, dan pigmen lainnya.

Claudia