blank
Mahasiswa UIN Saizu berbaur bersama masyarakat, dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan pada kegiatan KKN Angkatan ke-50.Foto: uin saizu

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)– Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, sukses menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-50.

”Alhamdulillah, mahasiswa KKN ke-50 berhasil melakukan pendampingan lebih dari 61 produk potensi desa. Mereka juga melahirkan ratusan artikel pengabdian,” kata Kepala Pusat Pengabdian LPPM UIN Saizu Purwokerto, Mawi Khusni Albar.

Dia menyampaikan itu, dalam diskusi terbatas yang digelar Selasa (7/9/2022) lalu. Fokus KKN UIN Saizu, imbuhnya, memang fokus pada potensi desa. Mulai dari wisata, budaya hingga produk UMKM.

BACA JUGA: DPRD Wonogiri Bahas Raperda Perubahan APBD Tahun 2022

”Semua kegiatan KKN harus didasari pada ruh utama UIN Saizu, ‘Kampel Mas’ atau Kampus Peduli Masyarakat. Jadi civitas akdemika benar-benar hadir membersamai masyarakat,” ujar dia.

Untuk diketahui, KKN Angkatan ke-50 tersebar di empa) Kabupaten Panginyongan. Di antaranya Brebes, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Banyumas. Sebanyak 1.900 mahasiswa UIN Saizu Purwokerto ada di hampir 200 desa.

Wakil Rektor I, Prof Fauzi, juga mengapresiasi ratusan artikel pengabdian dari para mahasiswa KKN. Menurutnya, mahasiswa dan dosen juga bisa mengabdi secara intelektual. Mahasiswa menulis, dan dosen terbuka peluang melakukan kajian dan penelitian lanjutan.

”KKN menempa mahasiswa dan dosen untuk hadir di tengah masyarakat, dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Dan seperti kita tahu, Tridharma Perguruan Tinggi adalah bukti keberadaan kampus, termasuk UIN Saizu,” paparnya.

Riyan