blank
Ketua PWM Jateng, Tafsir (tengah), Ketua PW Aisyiyah Jateng Umul Batoroh (kiri), dan Ketua Panpel Gerak Jalan Sehat, Karnadi Hasan. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, menyediakan hadiah berupa 38 paket umrah gratis bagi peserta jalan sehat, yang dijadwalkan digelar pada Minggu (11/9/2022), secara serentak di 35 kabupaten/kota. Kegiatan ini juga dalam rangka menyemarakkan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah di Solo, pada November mendatang.

Ketua PWM Jateng, Tafsir, di Gedung PW Muhammadiyah Jateng di Semarang, Selasa (6/9/2022) menjelaskan, selain 38 paket umrah bagi peserta jalan sehat yang beruntung, panitia juga menyiapkan 48 sepeda motor, dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

Gerak jalan sehat ini akan dilepas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di halaman Kantor Gubernur, dan diperkirakan bakal diikuti sekitar 350 ribu peserta. Di Kota Semarang sendiri, akan diikuti sekitar 25 ribu peserta, sedangkan peserta lainnya mengikuti gerak jalan di kabupaten/kota yang dikoordinasi masing-masing Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat.

BACA JUGA: Cegah Budaya Kekerasan Melalui Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan

Ketua PW Aisyiyah Jateng, Umul Baroroh, di tempat yang sama menyampaikan, jalan sehat ini menerapkan gerakan nol sampah. Panitia berharap, seluruh peserta membawa air minum sendiri, dengan wadah yang bisa digunakan kembali.

Kendati demikian, panitia tetap menerjunkan pasukan pemungut sampah di sepanjang rute jalan sehat, sepanjang kurang lebih empat kilometer.

PW Muhammadiyah juga akan mengerahkan semua personel, dari organisasi otonom, seperti Hizbul Wathan, IMM, hingga Tapak Suci, dalam kegiatan ini.

BACA JUGA: Mahasiswa Harus Tahu Situasi Dunia Saat Ini

”Gerakan nol sampah ini sekaligus merupakan uji coba untuk kegiatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah di Solo nanti, yang juga menerapkan konsep yang sama, atau Green Muktamar,” tutur Umul, yang juga dosen UIN Walisongo Semarang itu.

Adapun jumlah penggembira muktamar di Solo, diperkirakan lebih dari satu juta orang, sehingga membutuhkan pengelolaan sampah yang lebih komprehensif, dan harus dipersiapkan sejak awal.

Sementara itu, Ketua Panitia Jalan Sehat, Karnadi Hasan menambahkan, selain jalan sehat, dalam rangkaian memeriahkan Muktamar, Muhammadiyah juga menggelar pertunjukan wayang kulit, tablig akbar, dialog kebangsaan, dan beberapa kegiatan lainnya.

”Sejauh ini persiapannya sudah matang, termasuk pengamanan sepanjang rute jalan sehat. Kami sudah bekerja sama dengan Polrestabes Semarang dan Dinas Lingkungan Hidup,” imbuh dia.

Riyan