blank
Ilustrasi semut pemaan gula. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Terkadang kita tak sengaja menaruh makanan di meja tanpa ditutup atau disimpan dengan baik.

Akhirnya pasukan semut langsung sigap mengerumuni dan melahap makanan itu. Namun tak jarang kita merasa sayang apabila harus membuang makan itu secara langsung.

Alhasil kita sering berusaha membersihkan semut yang ada dan menyelamatkan makanan yang masih bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele

Dilansir dari Suara.com, faktanya mengonsumsi makanan yang sudah dikerumuni semut bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti diare, mual, hingga muntah.

Aroma makanan yang sudah dikerubungi semut juga biasanya berbeda. Selain itu kita juga sering tidak sengaja turut memakan semut yang masih ada di makanan tersebut.

Apakah hal tersebut berbahaya? Berikut efek makan semut yang mungkin bisa terjadi dikutip dari klikdokter.

Baca Juga: Empat Kebiasaan Ngemil yang Dapat Turunkan Kesehatan Otak

1. Menyebabkan Diare

Semut yang mengerumuni makanan bisa datang dari mana saja. Bisa jadi semut itu datang dari tempat-tempat yang kotor. Oleh karena itu ketika semut mengerumuni makananmu, semut itu bisa membawa kuman dan bakteri kotor dari tempat mereka berasal. Jika kamu memiliki perut sensitif, maka kemungkinan hal ini bisa menyebabkan diare muncul.

2. Mual

Tak sengaja memakan semut juga bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan yang bisa terjadi selain diare adalah mual.

Hal ini karena aroma khas semut yang cenderung mengganggu, sehingga bisa membuat mual. Bila masih ingin mengonsumsi makanan yang sudah dikerumuni oleh semut, sebaiknya panaskan dan masak kembali makanan tersebut.

Baca Juga: Enam Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

3. Rongga Mulut Tersengat

Sebelum memberikan efek kepada sistem pencernaan, semut dapat menyengat rongga mulut dan mengakibatkan infeksi di area mulut tersebut. Khususnya jenis semut api yang dikenal memiliki sengatan tajam dan bisa melukai.

Keluhan tersebut bisa terjadi bagi beberapa orang yang memang sensitif. Jika dalam keadaan darurat dan harus tetap mengonsumsi makanan yang dikerubungi semut, ada baiknya untuk sebisa mungkin membersihkannya terlebih dahulu.

Selain itu simak beberapa tips mencegah makanan dikerubungi semut.

1. Jaga kebersihan di sekitar penyimpanan makanan
2. Menutup rapat wadah makanan
3. Gunakan kapur antisemut di sekitar meja
4. Simpan makanan di kulkas

Beberapa tips untuk mencegah makanan dikerubungi semut tadi bisa kamu coba di rumah. Segera konsultasi dengan dokter bila mengalami gangguan pencernaan ya. Semoga sehat selalu!

Claudia